Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaNasional

200 Praja IPDN Gelar Latsitardanus ke-XLIV, Rektor: Bentuk Pengabdian dan Karya Bakti Nyata

115
×

200 Praja IPDN Gelar Latsitardanus ke-XLIV, Rektor: Bentuk Pengabdian dan Karya Bakti Nyata

Sebarkan artikel ini

Kalimantan Timur, kicaunews.com – Sebanyak 200 orang praja IPDN kembali turut serta dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIV tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur.

Perwakilan praja IPDN ini bergabung dengan peserta lainnya yang terdiri atas taruna Akmil 417 orang, taruna AAL 126 orang, taruna AAU 111 orang, taruna Akpol 247 orang, taruna Poltek SSN 95 orang dan cadet Universitas Pertahanan (Unhan) 192 orang sehingga total peserta yang mengikuti Latsitardanus sejumlah 1.388 orang.

Example 300x600

“Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh TNI Polri, IPDN, Poltek SSN dan Unhan tahun ini mengambil tema Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kaltim yang maju dan unggul,” ujar Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M yang hadir dalam upacara pembukaan Latsitarda di Lapangan Merdeka Pertamina Balikpapan, Senin (6/5/2024).

Menurut Prof Hadi, kegiatan ini merupakan pembekalan kepada taruna/i dan praja sebelum menyelesaikan akhir pendidikannya.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan, dari tanggal 6 Mei sampai dengan 5 Juni. Selain 200 orang praja, IPDN juga menyertakan 25 pengasuh untuk turut serta dalam kegiatan,” tuturnya.

Peserta Latisitarda ini, kata Prof Hadi, kemudian akan langsung bertugas di tempat penugasan masing-masing.

“Peserta dibagi menjadi 4 satuan latihan yakni Batalyon Macan yang bertempat di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah peserta 385 orang, Batalyon Elang bertempat di Kabupaten Paser dengan jumlah peserta 324 orang, Batalyon Hiu bertempat di Kota Balikpapan dengan jumlah peserta 329 orang dan Batalyon Kijang bertempat di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan jumlah peserta 350 orang,” bebernya.

Dikatakan Hadi, praja IPDN nantinya akan melakukan beberapa pengabdian dan karya bakti seperti perbaikan rumah ibadah, perbaikan pos kamling, perbaikan rumah tidak layak huni, pembersihan aluran air.

“Mereka juga nanti akan melakukan pembersihan sungai, perbaikan jalan, pembuatan tugu Latsitarda dan desa digital, riset sosial, penyuluhan kesehatan, penyuluhan narkoba, wisata sejarah dan lain sebagainya,” kata dia.

Menurut Rektor IPDN tersebut, sebelumnya semua peserta Latsitardanus diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada tanggal 30 Mei menggunakan KRI 590 Makassar, KRI 592 Banjarmasin dan KRI 593 Banda Aceh. Setelah tiba di Balikpapan.

“Mereka melaksanakan upacara pembukaan Latsitarda kemudian dilanjutkan dengan kirab peserta Latsitarda yang dimulai di Lapangan Merdeka Pertamina dan berakhir di Balipapan Ocean Square,” ungkapnya.

“Seluruh peserta Latsitarda ini merupakan abdi negara dan para calon pemimpin yang dituntut untuk dekat dengan masyarakat, maka kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan para praja maupun taruna kepada masyarakat,” imbuhnya.

Hadi berharap, peserta Latsitardanus dapat menjalankan kegiatan ini dengan Ikhlas dan sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung jawab.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk melakukan integrasi, kerja sama dan gotong royong membangun bangsa serta sebagai pembelajaran dan pelatihan kepada para peserta.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bukti nyata dalam pembangunan bangsa yang dilakukan oleh kampus IPDN,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo., M.Si yang menyampaikan bahwa Latsitardanus diharapkan dapat melaksanakan berbagai kegiatan fisik dan sosial kemasyarakatan.

“Capaian fisik dan non-fisik ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mempersiapkan Kalimantan Timur yang maju dan unggul,” kata Kapolri. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos