Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaNasionalNews

Masyarakat Desa Laban Menggelar Syawalan Haul Simbah Cowiguno Dari Mataram dan Simbah Sakban

150
×

Masyarakat Desa Laban Menggelar Syawalan Haul Simbah Cowiguno Dari Mataram dan Simbah Sakban

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Kendal, Kicaunews.com – Tradisi syawalan merupakan hal yang masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Laban Kecamatan Kangkung, kegiatan syawalan yang dilaksanakan satu minggu setelah hari raya idul fitri ini sangat dinantikan oleh masyarakat.

Puluhan warga masyarakat menghadiri acara syawalan atau haul untuk mendoakan secara bersama pendiri Desa Laban yaitu simbah Cowiguna dari Mataram dan Simbah Sakban yang dipercaya oleh warga setempat sebagai penyebar agama Islam serta sebagai panutan bagi masyarakat Desa Laban.

Example 300x600

Acara syawalan tersebut dilaksanakan dihalaman Masjid Al Huda Desa Laban, Rabu (17/04/2024).

Turut hadir dalam acara syawalan tersebut Camat Kangkung Antin Kustiah Wijayanti, Danramil Cepiring Kapten Arm Zaenal Arifin, Kepala Desa Laban Adibul Farah SHI beserta jajarannya dan tamu undangan serta masyarakat yang hadir dalam acara syawalan.

Saat ditemui oleh awak media Kepala Desa Laban Adibul Farah SHI mengatakan bahwa kegiatan syawalan ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan bertepatan dengan bodho syawal dan untuk tahun ini pelaksanaan haul ini sudah ke 72 tahun.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan mbah Cowiguna dan mbah sakban selaku sesepuh dari Desa Laban semoga semua masyarakat yang hadir bisa mendapatkan keberkahan serta bermanfaat bagi kita semua,”ungkapnya

Harapannya kegiatan ini bisa tetap dilaksanakan setiap tahunnya karena ini sangat bersejarah bagi Desa Laban dan sebagai generasi muda kita wajib untuk bisa menghormati serta mendoakan orang yang telah berjasa dalam menyebarkan agama islam di Desa Laban. Singkatnya

Sementara Ketua Panitia pelaksanaan haul Drs H. Mat Salim mengatakan acara haul ini sudah dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yaitu Khotmil Qur’an, Burdahan, Tahlil dan puncaknya pengajian umum yang secara langsung dihadiri oleh KH Muhammad Solikhin dari Batang yang memberikan tausiyah kepada masyarakat yang hadir dalam acara syawalan tersebut.

:Semua masyarakat secara khusyuk dan sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan haul ini dan pengajian ini juga dihadiri dari berbagai masyarakat tetangga Desa juga ikut hadir dan berdoa bersama dalam acara syawalan ini dan alhamdulilah semuanya bisa berjalan dengan lancar,”tandasnya.

Diakhir acara secara simbolis Kepala Desa Laban Adibul Farah SHI menyerahkan sertifikat tanah Masjid Al Huda kepada pengurus. (Novi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *