Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 Kerahkan Gober Membuat Lubang Biopori

92
×

Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 Kerahkan Gober Membuat Lubang Biopori

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung,kicaunews.com  – Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 3 membuat lubang biopori di wilayah Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (28/3/2024).

Hal tersebut dilakukan dalam upaya menjaga dan melestarikan ekosistem bantaran serta aliran Sungai Citarum.

Example 300x600

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dansub 3 Peltu Wahyu dengan mengerahkan anggota dan masyarakat

Wahyu mengatakan, pembuatan biopori bertujuan selain untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi risiko banjir akibat meluapnya air hujan, juga dalam upaya menjaga ekosistem yang ada.

“Makna dari biopori adalah lubang resapan yang dibuat tegak lurus dalam tanah, lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik, sampah organik yang ada di lubang menjadi makanan cacing yang kemudian cacing-cacing ini akan membuat terowongan kecil yang dapat meningkatkan luas permukaan tanah sehingga memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan”. Jelasnya

Menurutnya, selain pembuatan lubang biopori, Sub 3 pun gencar melakukan penataan lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya, seperti perawatan pohon agar dapat tumbuh dengan baik hingga akhirnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kegiatan pemeliharaan lingkungan juga diimbangi kegiatan patroli dan sosialisasi kepada anak-anak terkait program Citarum Harum”. Katanya.

“Kegiatan patroli dan sosialisasi pemeliharaan lingkungan dapat menghasilkan output terpeliharanya lingkungan Citarum Harum yang bersih”. Pungkasnya. (MW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *