Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Uncategorized

Sektor 5 Citarum Harum Bersama Masyarakat Tanam Ratusan Pohon di Bantaran Sungai

137
×

Sektor 5 Citarum Harum Bersama Masyarakat Tanam Ratusan Pohon di Bantaran Sungai

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung, kicaunews.com – Dalam rangka Penghijauan,l dan mencegah abrasi, Satgas Citarum Harum Sektor 5 bersama masyarakat melakukan Penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Wilayah Desa Bojongemas, Kecamatan Solokan jeruk, Kabupaten Bandung. Selasa (26/3/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan secara kolaborasi antara Sub 1 di bawah Komando Peltu Napitupulu dan Sub 2 di bawah komando Peltu Syahril yang di hadiri Baops Sektor 5 Citarum harum Serma Subarno.

Example 300x600

Baops Sektor 5 Serma Subarno mewakili Dansektor Kol. Inf. Rahman Sujana mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara kolaborasi antaran Sub 1 dan Sub 2 dengan menanam ratusan pohon jenis pohon keras dan buah seperti pohon Alpukat dan Durian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali DAS yang beberapa hari lalu kita tata, dan ada beberapa pohon yang terkena karena pelebaran sungai, terkena alat berat kami, jadi kita lakukan penghijauan di antaranya tanaman keras dan tanaman buah-buahan yang dapat dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan, jumlah pohon yang disediakan mencapai ribuan pohon, tetapi untuk sementara ini yang sudah disiapkan adalah 300 lubang siap tanam. Sebab untuk menanam pohon tidak boleh terlalu berdempetan jarak satu pohon dengan pohon lainnya.

“Kita sudah siapkan sekitar seribu pohon keras dan produktif. Untuk hari ini kita tanam 300 pohon dulu dan kedepan kita lanjutkan kembali”. Tutur dia.

Ia juga selalu mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi memelihara lingkungan seperti DAS Citarum dengan menanam pohon yang manfaatnya bisa dirasakan kemudian hari. Soal progres penanganan Sungai Citarum, sejauh ini sektornya sudah menata DAS serta menangangkat sedimen yang berpotensi menyebabkan banjir.

“Progres Citarum kita sudah menata daerah sungai, angkat sedimen yang cukup padat dan banyak karena bisa jadi penyebab banjir. Dengan harapan bisa kurangi risiko banjir, kami juga sudah sosialisasi masyarakat tidak buang sampah di sungai,” Pungkasnya. (MW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *