Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Uncategorized

Bupati Tapsel Tebar Benih Ikan Nila di Angkola Muara Tais

121
×

Bupati Tapsel Tebar Benih Ikan Nila di Angkola Muara Tais

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tapsel, Kicaunews.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Sofyan Adil tebar benih Ikan Nila bersama masyarakat Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon, Kecamatan Angkola Muara Tais, Jumat (22/3).

Turut hadir Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut Jenni Masniari, Forkopimcam Angkola Muara Tais, para Kepala Desa, danTokoh Adat.

Example 300x600

Di kesempatan itu, Sekda mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Tapanuli Selatan.

Selanjutnya Sekda berharap kepada masyarakat supaya dapat menjaga kelestarian perairan yang sudah di tebar benih ikan tersebut.

“Kepada kelompok pengawas masyarakat, agar serius menyambut bantuan ini, termasuk pengamanan dan perawatan area sungai untuk keberlanjutan ketersediaan ikan nantinya,” harapnya.

Katanya, adanya bantuan seperti ini dapat membantu ekonomi sosial setempat. Lebih lanjut daerah tersebut dapat dijadikan sebagai swasembada ikan air tawar.

“Semoga nantinya dapat memberi peningkatan ekonomi sosial masyarakat, termasuk membantu anak yatim dan fakir miskin. Kita doakan agar daerah ini menjadi swasembada ikan air tawar,” imbuh Sofyan.

Kadis Perikanan Tapsel, Saiful AP Nasution menyebut, kegiatan ini disebut restocking dan merupakan tindak lanjut penyerahan bantuan oleh Pj. Gubernur Sumut, di Mess Provsu Sipirok beberapa waktu lalu.

“Kita dapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu berupa benih ikan jenis Nila sebanyak 290.000 ekor, yang nantinya akan kita sebar di dua lokasi yakni, Desa Muara Purba Nauli, dan Desa Sori Manaon,” sebutnya.

Tujuan dari testocking itu, sambung dia, ialah sebagai upaya penambahan stok ketersediaan ikan yang ditebar diperairan umum, sungai ataupun irigasi.

“Di samping itu, diharapkan adanya penebaran bibit ikan di perairan umum ini nantinya dapat menjaga kelestarian sumber daya hayati,” tutup Saiful.

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap Provsu Jenni Masniari mengatakan pemberian bantuan itu sebagai wujud komitmen untuk membantu ketersediaan ikan di daerah-daerah.

“Ini adalah bentuk komitmen kami dalam mewujudkan permintaan atau usulan dari daerah-daerah untuk pemenuhan ikan, dan pada Pak Kadis Perikanan Tapsel, kami informasikan tahun depan akan ada program kampung nelayan dan kampung budidaya, silahkan ajukan proposalnya,” urai Jenni. (Syams)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *