Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaPolri

Pentingnya Pembinaan Masyarakat dalam Menjaga Kamtibmas, Anggota Brimob Polda Jabar Rutin Patroli Sambang

71
×

Pentingnya Pembinaan Masyarakat dalam Menjaga Kamtibmas, Anggota Brimob Polda Jabar Rutin Patroli Sambang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Cirebon, kicaunews.com – Kamtibmas, singkatan dari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, merupakan kondisi yang menjadi fondasi bagi terciptanya kehidupan yang aman, tenteram, dan produktif bagi seluruh anggota masyarakat. Untuk menjaga stabilitas kamtibmas, diperlukan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat, baik individu maupun kelompok.

Anggota Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar dalam Hal Ini Bripka Rahmat Topik dan Bharatu M Yasin melaksanakan patroli Sambang Kamtibmas di Desa Cempaka Kec.Talun Kab. Cirebon. Jumat (22/3/2024)

Example 300x600

Sesuai perintah Bapak Dansat Brimob Polda Jabar Kombes pol Donyar Kusumadji S.I.K Melalui Bapak Danyon C Pelopor Kompol Apt Bagus Amrulloh Nurul Imawan., S Farm .,S.I.K.yang memerintahkan kepada Anggota Kompi 2 untuk melaksanakan kegiatan patroli Sambang ke masyarakat.

“Pembinaan masyarakat menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam menjaga kamtibmas. Pembinaan masyarakat tidak hanya mencakup aspek pencegahan terjadinya tindakan kriminal, tetapi juga melibatkan upaya membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban.kami sebagai anggota Brimob berperan menjaga Kamtibmas di seluruh area.”ungkap Bripka Rahmat Topik.

Salah satu contoh kegiatan pembinaan masyarakat terkait menjaga kamtibmas adalah program penyuluhan dan sosialisasi adalah program anggota Kompi 2 Batalyon C Pelopor .

Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan pemahaman tentang berbagai potensi ancaman terhadap keamanan dan ketertiban, serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Materi-materi penyuluhan mencakup informasi tentang tindakan kriminal yang sering terjadi di lingkungan sekitar, cara mengenal dan mengatasi tindakan kejahatan, serta upaya kolaboratif antarwarga dalam memantau dan melaporkan aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang.”ungkap Bharatu M Yasin di sela sela obrolannya”

Selain itu, pembinaan masyarakat juga dapat dilakukan melalui pembentukan dan penguatan jaringan kerja sama antarwarga, Dengan membentuk kelompok-kelompok pengawas lingkungan, masyarakat dapat lebih efektif dalam melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitar dan memberikan respons cepat terhadap situasi darurat atau kejadian yang mengancam kamtibmas. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara anggota masyarakat.

Dengan demikian, pembinaan masyarakat merupakan langkah yang strategis dalam menjaga kamtibmas. Melalui pendekatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi semua pihak. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *