Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Tingkatkan Cadangan Air Dalam Tanah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 Pembuatan Lubang Biopori

124
×

Tingkatkan Cadangan Air Dalam Tanah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 Pembuatan Lubang Biopori

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung,kicaunews.com – Atasi genangan air dan tingkatkan cadangan air bersih dalam tanah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 pembuatan lubang biopori d wilayah Desa Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung. Rabu (8/5/2024).

Biopori sendiri adalah lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme yang terjadi di dalam tanah seperti oleh cacing, rayap, semut, dan perakaran tanaman. Biopori yang terbentuk akan terisi udara dan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.

Example 300x600

Dansub 3 Peltu Wahyu menjelaskan, pembuatan lubang Biopori banyak manfaat diantaranya adalah untuk meningkatkan drainase tanah, meningkatan kualitas air, pemulihan tanah, mengurangi erosi tanah dan sebagai konservasi air.

“Bahkan sebagian orang ada yang memanfaatkannya untuk mengubah sampah organik menjadi kompos, jadi Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang biopori akan dirubah menjadi kompos oleh satwa tanah seperti cacing dan rayap,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun langkah sederhana cara pembuatannya adalah pilih lokasi yang tepat, gali lubang Biopori 80-100 cm dengan diameter menyesuaikan, lebih efektif jika bagian bawah lubang dilapisi kain untuk mencegah tertutup tanah, tambahkan material drainase misal dibawah lubang diberikan kerikil, jangan lupa berikan tanda biar kita bisa dengan mudah lakukan perawatan.

“Yang paling utama dari tujuan pembuatan lubang Biopori ini adalah digunakan untuk resapan air juga cadangan air tanah dan untuk mengatasi banjir (genangan air)”. Pungkasnya. (MW) .

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos