Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Sektor 22 Citarum Harum Sub 8, Manfaatkan Kohe Jadi Pupuk Kompos

155
×

Sektor 22 Citarum Harum Sub 8, Manfaatkan Kohe Jadi Pupuk Kompos

Sebarkan artikel ini

Lembang, kicaunews.com – Pembuatan kompos dari kotoran sapi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Sub 08 masih terus dilakukan, aksi ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pencemaran sungai yang disebabkan oleh kotoran hewan, Sabtu, 6 April 2024.

Giat yang dipimpin oleh Serma Dodi Candra selaku Dansub 08, ia mengarahkan anggotanya supaya pembuatan kompos merupakan giat utama setelah giat yang terdaftar dari Renaksi lainya.

Example 300x600

“Kita utamakan pembuatan kompos, karena merupakan aksi yang mengandung segi edukasi kepada masyarakat peternak. Kita juga bergerak pada pembinaan dan pengawasan limbah domestik lain termasuk sosialisasi edukasi tentang tujuan program Citarum Harum,” jelas Dodi.

Keberadaan Sub 08 di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, yaitu berada di wilayah pertanian dan peternakan masif. Sehingga perlu mengawal pemanfaatan kotoran hewan supaya tidak terbuang ke sungai dan lingkungan.

Kecamatan Lembang terkenal dengan produsen susu murni yang dikelola oleh Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU). Dengan tidak menggangu pada produktivitas masyarakat namun Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berupaya untuk mencegah pencemarannya.

“Upaya pencegahan pencemaran ini terus kita lakukan, melalui pembuatan kompos, sosialisasi dan pendekatan terhadap pemerintah daerah dan wilayah, bahkan ke tingkat nasional atau pemerintah pusat pun kita lakukan, hanya masih menunggu waktu saja aksi dari pemerintah itu,” ujar Dodi.

Aksi pembuatan kompos ini sudah banyak yang mencontoh oleh para peternak sapi, bahkan ada pula pemanfaatan kotoran hewan ini diterapkan di Kascing, Biogas dan Produksi material bangunan.

Aksi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 di Kecamatan Lembang sudah menyentuh aspirasi warga terkait, dengan tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat supaya cepat bergerak pada percepatan pencegahan pencemaran kotoran hewan yang selama ini masih mencemari lingkungan dan sungai. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos