Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Cegah Bankir dan Suburkan Area Tanah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Pembuatan Lubang Biopori

103
×

Cegah Bankir dan Suburkan Area Tanah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Pembuatan Lubang Biopori

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung,kicaunews.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi genangan air dan banjir. Cara paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya serta membersihkan saluran udara. Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan, yaitu membuat lubang resapan biopori.

Udara yang menggenang di atas permukaan tanah bisa diserap ke dalam lubang resapan biopori, sehingga hal ini dapat mengurangi terakumulasinya udara ketika turun hujan.

Example 300x600

Seperti halnya dilakukan Sektor 5 Citarum harum Sub 1 membuat lubang resapan biopori di wilayah Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Sabtu (30/3/2024).

Menurut Dansub 1 Peltu Napitupulu bahwa pembuatan lubang resapan biopori ini merupakan salah satu program Citarum Harum dalam rangka mencegah bencana banjir dan menyuburkan tanah di sekitarnya.

“Kita sedang melakukan pembuatan lubang biopori yang bertujuan untuk pencegahan bencana banjir selain itu juga tanah disekitar biopori juga akan subur”. Ujarnya

Ia berharap, sumur resapan ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi genangan hingga banjir. Selain itu, air yang sudah dikonservasi dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai cadangan air dikala musim kemarau tiba.

“Harapannya, air yang datang ketika hujan turun dapat menjadi berkah. Air yang sudah masuk ke perut bumi, dapat menjadi konservasi dan bermanfaat sebagai cadangan pada saat musim kemarau tiba”. Pungkasnya. (MW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *