Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
News

Pembangunan Infrastruktur Sebagai Wujud Bela Negara

111
×

Pembangunan Infrastruktur Sebagai Wujud Bela Negara

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Jakarta, Kicaunews.com – Forum Diskusi Publik diselenggarakan Ditjen IKP Kemkominfo bersama HA Bakri selaku anggota DPR daerah pemilihan Jambi, kegiatan dilakukan hybrid
Kamis (28/03)

Pemaparan dari para Narasumber ,
HA. BAKRI, HM., SE. Selaku anggota DPR RI Dapil Jambi mengatakan,
“Infrastruktur merupakan modal utama dan fondasi utama bangsa Indonesia untuk melaju bersaing dengan negara negara lainnya. Pembangunan infrastruktur bukanlah semata pembangunan jalan tol, pelabuhan, bandara, maupun jalan raya.

Example 300x600

Pembangunan infrastuktur di daerah akan membuka akses baru sekaligus mempermudah akses yang sudah ada guna menjangkau wilayah wilayah, sehingga akan meningkatkan aktivitas perekonomian.

Selain itu pembangunan infrastruktur adalah juga merupakan pembangunan peradaban, karena akan banyak hal hal baru , misalnya dengan adanya MRT maka akan membangun budaya antre dan disiplin.

Infrastruktur telah menciptakan konektivitas, ketahanan pangan, keterpaduan antar wilayah, keterpaduan antar tingkatan pemerintah, bahkan keterpaduan antar sektor. Dan saat ini pada umumnya kondisi infrastruktur dasar termasuk jalan dan pemukiman di kawasan perbatasan masih kurang memadai. Dan ini perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya dengan menggunakan pendekatan kewilayahan untuk mencapai efisiensi penyediaan infrastruktur sebagai wujud bela negara.

Di lanjutkan dengan
Narasumber, Drs Gun gun Siswadi,M.Si selaku
Pegiat Literasi Digital
Mengatakan, ”
Kemenkominfo melaksanakan agenda transformasi digital dengan memberikan penekanan pada :
– infrastruktur
– Sumber Daya Manusia
– Ekosistem digital dengan prinsip inklusivitas, pemberdayaan, berkelanjutan.

Ditengah derasnya gelombang globalisasi dan digitalisasi, program Bela Negara menjadi benteng pembangunan karakter dan moral bangsa. Sehingga perlu ditanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air agar infrastruktur dapat dimanfaatkan untuk konektivitas dan aksesibilitas informasi.

Membangun infrastruktur ditujukan untuk mewujudkan dan memeratakan kesejahteraan rakyat.

Narasumber Rizki Pratama,S.IP selaku
Pegiat Literasi Digital
mengatakan,”
Infrastruktur menjadi fokus pembangunan oleh negara dalam beberapa tahun terakhir hendaknya tidak dilihat hanya dari sisi pembangunan fisik saja. Banyak hal penting lain yang hendak dituju dari adanya pembangunan infrastruktur tersebut. Apalagi bapak HA. BAKRI, HM., SE dikenal sebagai BAPAK INFRASTRUKTUR JAMBI.

Berkaitan dengan tema yang dikaitkan dengan BELA NEGARA, maka makna bela negara adalah BUKAN DIMAKNAI SEKEDAR ANGKAT SENJATA, namun tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, dan sekarang menjadi tugas generasi muda kita menuju GENERASI EMAS.

Dalam konteks bela negara, pembangunan infrastruktur punya peran strategis. Infrastruktur yang handal membuat negara mudah untuk memobilisasi SDM dan materielnya dengan efektif dalam menjaga kadaulatan dan keamanan nasional. Sebagai contoh, jaringan transportasi yang baik akan membuat pasukan militer bergerak cepat dan efisien dalam menghadapi musuh atau gangguan keamanan. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *