Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Upaya Menjaga Kelestarian Sungai, Sektor 5 Citarum Harum Sub 4 Giatkan Patroli Rutin

113
×

Upaya Menjaga Kelestarian Sungai, Sektor 5 Citarum Harum Sub 4 Giatkan Patroli Rutin

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung,kicaunews.com – Sektor 5 Citarum Harum Sub 4 mengambil inisiatif luar biasa dalam upaya menjaga kelestarian sungai dengan melaksanakan patroli dan komunikasi sosial dengan warga.

Patroli tersebut digelar di wilayah Sub 4 wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung sebagai langkah antisipasi dini dan penanganan potensi pencemaran lingkungan.

Example 300x600

Menurut Dansub 4 Serma Deni, bahwa patroli ini secara khusus menyoroti beberapa masalah kritis, seperti penumpukan sampah dan sedimentasi yang mengganggu aliran sungai.

“Melalui pendekatan dialogis dengan warga di sepanjang bantaran sungai, pesan sosial tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai disampaikan dengan tulus”. Tutur dia. Kamis (25/4/2024).

Kegiatan patroli yang di lakukan lebih berfokus pada mengedukasi dan berdialog dengan masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

“Kami berusaha memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai sebagai bagian dari program Citarum Harum”. Katanya.

Tidak hanya sebagai upaya penegakan hukum lingkungan, patroli sungai ini juga bertujuan memperkuat ikatan sosial dan silaturahmi dengan masyarakat.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi momen penting untuk memperkenalkan lebih jauh program Citarum Harum kepada masyarakat, agar mereka merasa memiliki dan terlibat langsung dalam menjaga kebersihan sungai.

“Kami berharap, jika ada permasalahan yang kami temukan selama patroli, akan kami tindak lanjuti dengan gerakan bersih sungai atau pengawasan lebih ketat”. Imbuhnya.

“Namun, kami ingin melibatkan masyarakat sebagai agen perubahan, agar kesadaran dan partisipasi mereka dapat menjaga kebersihan sungai berlanjut secara berkelanjutan”. Tambahnya.

Sebagai bagian dari pemerintah, Sektor 5 Citarum Harum Sub 4 meyakini bahwa keberhasilan menjaga kebersihan sungai bukan hanya tanggung jawab pihak militer dan pemerintah, tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kolaborasi erat dengan warga dan masyarakat adalah kunci untuk mencapai kesuksesan program ini.

“Kebersihan sungai adalah cermin dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar mereka. Semua pihak harus berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sungai, karena bersihnya sungai adalah salah satu tanda kehidupan yang lebih baik bagi kita semua”. Pungkasnya. (MW)

 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *