Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Pembuatan Lubang Biopori di Rawan Genangan Air

147
×

Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Pembuatan Lubang Biopori di Rawan Genangan Air

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung, kicaunews.com – Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Pembuatan lubang biopori di wilayah Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Kamis  (18/4/2024).

Dansub 1 Peltu Napitupullu menjelaskan, pembuatan biopori bertujuan sebagai resapan air hujan kedalam tanah untuk mengurangi dampak banjir dan cadangan air didalam tanah.

Example 300x600

“Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah”. Jelasnya.

Menurutnya, Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 terus menggencarkan pembuatan lubang biopori untuk meningkatkan daya resap air pada tanah.

“Biopori dimaksudkan untuk memulihkan kesuburan tanah, melindungi tata air, dan kelestarian daya dukung lingkungan”. Tutur dia.

Jika kemarau panjang, Napitupullu menyampaikan, masyarakat kerap kekurangan air. Ketika hujan turun, air larinya ke sungai tidak meresap ke tanah dengan baik.

“Dengan biopori ini setidaknya air dapat meresap ke dalam tanah dengan baik. Selain itu juga bisa menjadi cadangan air kelak jika musim kemarau datang”. Pungkasnya. (MW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *