Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaNewsParlemen

Jelang Lebaran, DPRD Pangandaran : Pemda Harus Lakukan Langkah Antisipatif Terkait Kebutuhan Pokok

96
×

Jelang Lebaran, DPRD Pangandaran : Pemda Harus Lakukan Langkah Antisipatif Terkait Kebutuhan Pokok

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Pangandaran, Kicaunews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah atas langkah-langkahnya dalam menekan harga kebutuhan pokok dan inflasi selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2024, salah satunya melalui Gerakan Pangan Murah.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin, mengatakan, bahwa pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah antisipatif sejak awal menghadapi kenaikan harga bahan pokok yang dimulai dari kelangkaan dan kenaikan harga beras.

Example 300x600

“Terkait kelangkaan beras dan komoditas lainnya, telah dilakukan diskusi dan langkah-langkah strategis,” ucap asep, Rabu 03 April 2024.

Menurutnya, kecenderungan adanya kenaikan harga 9 bahan pokok bakal terjadi sebelum atau sesudah bulan Ramadhan juga Lebaran.

Maka dari itu, kata Asep, pentingnya peran pemerintah daerah untuk terus memantau harga pasar, termasuk melalui permintaan informasi harian kepada Bupati mengenai harga di pasar lokal dan kabupaten tetangga terkait kenaikan harga.

“Yang tentunya, Pemerintah daerah diharapkan dapat mengimplementasikan langkah-langkah strategis guna menekan harga dan inflasi selama Ramadan dan menjelang Lebaran, seperti melalui operasi pasar dan Gerakan Pangan Murah, dengan tujuan meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Asep pun menyoroti potensi pertanian di Pangandaran yang luar biasa, termasuk kebutuhan penduduk dan wisatawan,” jadi sangat penting dengan pengembangan wilayah Agropolitan untuk memproduksi kebutuhan lokal, seperti sayuran, guna mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah,” kata Asep.

Kami berharap, pemerintah daerah memperhatikan pengembangan infrastruktur pertanian, termasuk saluran air, irigasi, dan jalan produksi, guna mendukung produksi lokal dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Langkah-langkah kebijakan yang mendukung para petani menjadi fokus utama, sehingga dapat mencapai swasembada pangan dan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat.

“Dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan Kabupaten Pangandaran dapat mengatasi tantangan harga dan inflasi selama bulan Ramadhan dan Lebaran, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya. (Red)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *