Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
News

Ngabuburit Webinar Mindfull Fasting ,Puasa yang Berkesadaran dengan Mindfullness

162
×

Ngabuburit Webinar Mindfull Fasting ,Puasa yang Berkesadaran dengan Mindfullness

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

JAKARTA, Kicaunews.com –
Dalam dunia kesehatan dan kebugaran, dua konsep yang semakin mendapatkan perhatian adalah Mindful Eating dan Intermittent Fasting (IF).

Mindful Eating adalah pendekatan terhadap makan yang menekankan kesadaran penuh terhadap setiap proses makan, sementara Intermittent Fasting adalah pola makan yang melibatkan siklus antara periode makan dan puasa. Apakah ada hubungan yang unik antara keduanya? Bagaimana integrasi keduanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan?

Example 300x600

Menyikapi hal tersebut ,
Perkumpulan Pusat Pemberdayaan Diri (Pusdari) bersama Alfa Integra mengadakan ngabuburit Webinar Mindfull Fasting melalui Zoom Meeting , Ahad Sore (17/03).

Agus Yuliono, S.Pd, CI, CT.NNLP Founder From Lembaga PUSDARI (Pusat Pemberdayaan Diri) Trainer Hypnotherapy & NLP Licensed Trainer From BNSP menjadi pembawa acara sekaligus narasumber didampingi oleh Ayah Nur dan Pakde Fu.

Kegiatan webinar sepenuhnya gratis dan dan Peserta yang mengikuti mendapatkan E-Sertifikat .

Agus Yuliono memaparkan tentang Mindfull Breathing , bagaimana kita mengelola nafas dengan Berkesadaran dan langsung dengan praktiknya , sementara Ayah Nur paparkan apa itu Mindfullness dan manfaatnya , terakhir pakde Fu memaparkan tentang mindfull eating and Fasting.

Mindfull Eating adalah seni Menikmati Makanan
Mindful Eating, atau makan dengan penuh kesadaran, bukanlah sekadar tren diet, tetapi sebuah gaya hidup yang melibatkan perhatian sepenuhnya pada pengalaman makan. Ini tidak hanya berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi, tetapi juga dengan bagaimana kita makan. Sebagai contoh, mengunyah makanan secara perlahan, menikmati setiap rasa, dan memperhatikan sinyal kenyang adalah aspek-aspek kunci dari Mindful Eating.

Intermittent Fasting: Strategi Puasa yang Cerdas
Di sisi lain, Intermittent Fasting menekankan pada pola makan yang melibatkan siklus antara waktu makan dan waktu puasa.

Beberapa orang mengadopsi pola 16/8, di mana mereka hanya makan dalam jendela waktu delapan jam, sementara yang lain mungkin memilih pola puasa 5:2, di mana mereka mengonsumsi kalori yang sangat rendah selama dua hari tertentu dalam seminggu. Intermittent Fasting diketahui memiliki manfaat seperti peningkatan metabolisme, penurunan berat badan, dan bahkan potensi manfaat kesehatan jangka panjang.

Hubungan Antara Keduanya
Namun, apa yang terjadi ketika Mindful Eating bertemu dengan Intermittent Fasting? Terdapat hubungan yang unik di antara keduanya yang dapat saling menguatkan. Mindful Eating dapat membantu individu lebih memahami sinyal tubuhnya, mengenali rasa lapar dan kenyang, serta membuat pilihan makanan yang lebih baik selama periode makan dalam IF. Sebaliknya, IF dapat meningkatkan fokus dan kesadaran saat makan, karena saat akhir periode puasa, makanan menjadi lebih berharga dan dinikmati dengan lebih baik.

Keseimbangan Tubuh dan Jiwa
Integrasi Mindful Eating dan Intermittent Fasting dapat menciptakan keseimbangan yang optimal antara kesehatan tubuh dan jiwa. Makan dengan penuh kesadaran selama periode makan dapat membantu menghindari overeating, sedangkan puasa yang cerdas dalam IF dapat memberikan tubuh waktu untuk membersihkan dan meregenerasi diri.

Sebagai sebuah konsep holistik, Makan Sadar dan Puasa Cerdas bukan hanya tentang pola makan, tetapi juga tentang bagaimana kita membangun hubungan yang sehat dengan makanan dan tubuh kita. Dengan menjelajahi hubungan unik antara Mindful Eating dan Intermittent Fasting, kita dapat menggali potensi kesehatan yang lebih besar dan mencapai keseimbangan yang optimal dalam gaya hidup kita. Makanlah dengan penuh kesadaran, berpuasalah dengan bijak, dan saksikan perubahan positif dalam kesehatan dan kesejahteraan Anda.(AW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *