Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Cegah Erosi Daerah Aliran Sungai, Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Tanam Pohon Keras di Bantaran

106
×

Cegah Erosi Daerah Aliran Sungai, Sektor 5 Citarum Harum Sub 1 Tanam Pohon Keras di Bantaran

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung,kicaunews.com – Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 1 penanaman pohon di bantaran anak sungai citarum yang berada di Kp. Bantarsari, Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Kamis  (13/3/2024).

Pantauan dilapangan, mereka turun langsung untuk melakukan penanaman pohon. Satu per satu batang pohon di tanam di lubang yang memiliki kedalaman 30 centimeter dengan jarak 5 meter

Example 300x600

“Saya tanam pohon keras, semoga dengan penanaman pohon ini alam akan kembali hijau, akar pohon ini dapat menahan tanah dengan kuat di bantaran sungai”. Ujar Dansub 1 Peltu Napitupullu.

Peltu Napitupullu. mengungkapkan, penanaman pohon ini dilakukan untuk penghijauan. Selain itu, nantinya pohon-pohon tersebut dapat menahan erosi yang berada di anak-anak Sungai Citarum.

“Hampir semuanya pohon-pohon keras di hulu Sungai Citarum hilang dan lahan sudah beralih fungsi. Ini yang menyebabkan banjir”. Ujarnya.

Akibat dari alih fungsi lahan tersebut, maka air tidak dapat terserap dan tertampung oleh tanaman keras sehingga meluncur deras dan menyebabkan banjir.

“Selain banjir, air juga membawa sedimentasi lumpur. Itu yang menyebabkan pendangkalan sungai yang ada di anak-anak Sungai Citarum dan sedimentasinya menjadi tinggi”. Tuturnya.

Ia berharap dengan penghijauan ini masyarakat dapat sadar dengan keadaan kondisi lingkungan seperti ini. Tidak mungkin aparat yang melakukan penanaman ini, tapi harus dibantu oleh masyarakat.

“Masyarakat diharapkan peduli dengan ada kegiatan penghijauan dan kelestarian lingkungan”. Pungkasnya. (MW)

 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *