Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaNasionalNews

Motivasi dan Beri Bekal Atlit Anggar, Ini Ucap Kepsek SMK 1 Balongan

258
×

Motivasi dan Beri Bekal Atlit Anggar, Ini Ucap Kepsek SMK 1 Balongan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Indramayu,Kicaunews.com- Olahraga anggar merupakan salah satu olahraga yang memiliki kombinasi teknik seni bela diri Karena termasuk ke dalam kelompok olahraga bela diri dengan menggunakan senjata. Anggar pun memiliki sejumlah teknik dan peraturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pemainnya.

 

Example 300x600

Sejarah anggar dimulai sejak abad ke-14 dan terbentuk dari pelatihan militer di negara Jerman serta Italia.

 

Olahraga ini terus berkembang hingga pada abad ke-17 ditemukan senjata foil, topeng khusus wire-mesh, serta peraturan olahraga anggar yang lebih terstruktur.

 

Anggar dibawa masuk ke Indonesia pada masa Belanda. Kemampuan bermain anggar ini mulai diwajibkan bagi setiap tentara Hindia Belanda pada kala itu.

 

Anggar baru diperkenalkan pada Pekan Olahraga Nasional di tahun 1948. Kemudian, anggar mulai dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional tahun 1951 dan terus berlanjut sampai sekarang.

 

SMK Negeri 1 Balongan kabupaten Indramayu adalah salah satu Sekolahan di Jawa Barat yang saat ini sedang mengembangkan olah raga anggar dengan pengawasan penuh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia yang berada di Jawa Barat.

 

Mohamad Tajudin Waka kesiswaan SMKN 1 balongan sekaligus pelatih/pembina menerangkan kegiatanan ini dimonitoring langsung oleh komite olahraga nasional Indonesia yang diadakan disalah satu ruangan di SMKN 1 Balongan, Ucapnya.

 

Lanjut Tajudin, SMKN 1 Balongan sebagai percontohan SMK/SMA Sejawabarat yang mengelola cabang olah raga anggar.

 

“Alhamdulillah kita disuport langsung oleh kepala sekolah SMK 1 Balongan Drs H. Rosidin baik sarana dan prasarana anggar sehingga anggar SMK 1 Balongan bisa berdiri eksis di jawabarat dan SMK 1 Balongan juga sebagai homebes atau sekertariat pengcab anggar kabupaten Indramayu”, sambungnya.

 

kepala sekolah SMK 1 Balongan Drs H. Rosidin mengungkapkan kebangganya terhadap siswa/siswi yang mana mau belajar olahraga semi bela diri anggar dengan teknik dan ketelitinan yang luar biasa rumitnya, serta ucapan terima kasih kepada komite Olahraga Indonesia yang selalu memonitoring saat melakukan pelatihan, tuturnya kepada awak media Kamis (07/02/2024).

 

“Kami juga turut serta berkontribusi saat porda dan kegiatan kontes olahraga lainnya bersama KONI Kabupaten Indramayu, dengan mengirimkan beberapa atlit salah satunya atlit anggar  dan atlit olahraga lainnya serta kami harapkan anak-anak didik kami terus  berlatih mewujudkan Indramayu semakin bermartabat”, Tambahnya.

 

Ditempat berbeda komite Olahraga Indonesia, berharap SMKN 1 Balongan sebagai wadah pencipta bibit atlet anggar yang mempuni dan menjadi percontohan sekolah anggar di Jawa Barat serta mampu meraih prestasi mengarumkan nama sekolahan, Tukasnya. (Bd)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *