Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaPolri

Brimob Polda Jabar Wujudkan Kamtibmas Kondusif di Lingkungan Masyarakat

74
×

Brimob Polda Jabar Wujudkan Kamtibmas Kondusif di Lingkungan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Sumedang,kicaunews.com – Di tengah masa kejayaan teknologi yang semakin meningkat, kegiatan ronda atau yang biasa di dengar siskamling yakni sistem keamanan lingkungan masih menjadi kegiatan yang sangat efektif dalam mewujudkan kamtibmas kondusif.

Maka dari itu , kegiatan ronda ini perlu di tingkatkan terutama pada wilayah yang sering kali kecolongan oleh gangguan kamtibmas.

Example 300x600

Menanggapi adanya gangguan kamtibmas di wilayah tersebut, kepolisian SatBrimobda Jabar menurunkan personal ke lapangan guna melaksanakan sambang, patroli, dan menanggapi aduan masyarakat adanya gangguan kamtibmas.

Dansat brimob polda jabar Kombes Pol. Donyar Kusumadji.,S.IK mengatakan bahwa kita harus lebih objektif terhadap kamtibmas yang mengganggu di suatu wilayah yang mendominasi warga kurangnya rasa kesadaran akan adanya bahaya yang mengintai di wilayah tersebut.

“Maka dari itu personal brimob harus Tangguh, kuat, dan mengayomi dalam hal ini masing masing personil mampu memberikan rasa aman dan mampu meningkatan rasa kepercayaan kepada masyarakat”. Katanya. Jum’at (15/3/2024).

Bripda Sumardi mengatakan “Tujuan meningkatkan rasa kesadaran dan kepekaan yang tinggi terhadap wilayah , untuk bisa secara individualisme mengamankan lingkungan salah satunya melalui ronda atau yang biasa di sebut siskamling”.

Pelaksanaan patroli yang di tunggangi oleh briptu nur azmi rahmatulloh iya berkata dimana suatu wilayah yang terdapat komplek perumahan serta pedesaan bisa di pastikan memiliki paling sedikitnya 2 orang yang melaksanakan ronda khususnya pada malam hari.

Namun, lanjutnya, system ini kadang hanya di jadikan untuk menggugurkan kewajiban saja bahkan tempat ronda pun biasa di gunakan hanya untuk tempat berkumpulnya para remaja.

Dengan adanya patroli ini kami mengedukasi tentang ronda keliling mulai dari struktur organisasi , penysunan daftar nama , daftar jadwal ronda dan pembagian wilayah yang harus di kunjungi atau yang rawan gangguan kamtibmas, di lanjut dengan memberikan ajaran untuk cara bertindak jika suatu hari terjadinya masalah yang merupakan tindak keriminalitas dan memberikan kode dengan cara memkul tiang listrik sesuai jam, dengan contoh jam 10.00 wib berarti memukul tiang listrik 10x dengan tempo sedikit lambat.

Harapan kami dengan adanya patroli rutin ke wilayah pedesaan maupun komplek perumahan bisa mewujudkan keamanan dan ketertiban khusunya meningkatkan kesadaran warga akan adanya gangguan yang selalu mengintai kapan saja dan jangan pernah memberikan kesempatan atau ruang bagi yang akan melakukan tindak kriminalitas. Imbuhnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *