Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaDaerahNasionalNews

Pembinaan Kedisiplinan, Langkah Awal Perbaikan Diri Warga Binaan Rutan Cipinang Semangat Ikuti Training Batch Bimgiat Ke- 17

118
×

Pembinaan Kedisiplinan, Langkah Awal Perbaikan Diri Warga Binaan Rutan Cipinang Semangat Ikuti Training Batch Bimgiat Ke- 17

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Jakarta – Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) Rutan Kelas I Cipinang menggelar Pelatihan dan Kemandirian bagi warga binaan yang di kemas dengan kegiatan Training Batch yang ke- 17, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari yang dibimbing oleh Pembina dari Petugas Bimgiat Rutan Kelas Cipinang, Jumat (8/3).

Pembukaan Batch ke-17 ini dimulai dengan Samapta, di mana peserta diberi kesempatan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Di bawah bimbingan Hanif Amdan, para peserta menjalani sesi Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai latihan fisik untuk menanamkan sikap disiplin yang diperlukan.

Example 300x600

Setelah menyelesaikan sesi PBB, peserta langsung terlibat dalam serangkaian games yang dirancang untuk melatih fokus, konsentrasi, serta kerjasama tim. Melalui pembentukan grup, peserta diberi kesempatan untuk mengasah kreativitas dan memperkuat kolaborasi dalam tim. Suasana penuh semangat dan antusiasme menghiasi hari pertama ini.

Kegiatan Batch 17 Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dihadiri juga oleh Kepala Pengamanan Rutan, Febrian Sony Budiharjo serta Jajaran Staf Pembina Bimgiat.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan kegiatan seperti ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan ruang bagi partisipasi semua pihak, termasuk warga binaan, untuk berkontribusi. “Hal ini mencerminkan semangat untuk berubah dan memperbaiki diri, serta harapan bahwa kesempatan kedua ini dapat dimanfaatkan dengan baik saat menjalani kehidupan di dalam maupun diluar Rutan Kelas I Cipinang setelah selesai masa hukuman telah berakhir,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Panel Discussion yang dinarasumberi oleh Bapak Gerhand dari yayasan dan Bapak Richo dari Staf Pembina Bimgiat. Mereka membahas topik-topik yang relevan dengan pengalaman dan kebutuhan peserta, memberikan wawasan tambahan dan inspirasi bagi mereka.

Dalam Training Batch ini juga diisi dengan kegiatan pemberian materi oleh Bapak F. Sony Budiharjo tentang tata tertib di Rutan Kelas I Cipinang, Bapak Wais Alkorni tentang perilaku dan Bapak Hafidz Syahril tentang karakter building yang diharapkan materi tersebut dapat dipahami oleh semua peserta Batch 17.

Pada hari terakhir Batch 17 ditutup oleh Kasubsi Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang, Irvan Fahrudin yang kemudian dilanjutkan dengan penyematan ID Card Keanggotaan Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang sebagai tanda lulusnya peserta Training Batch ke-17.

Dengan demikian, acara Training Batch 17 tidak hanya sekedar serangkaian materi, tetapi juga merupakan sarana untuk membuka peluang baru dan memperkuat komitmen bersama dalam proses reintegrasi sosial. “Ini adalah langkah nyata dalam memberikan kesempatan kedua bagi warga binaan untuk memperbaiki diri dan mengambil peran yang lebih positif ketika mereka kembali ke masyarakat nantinya,” tutupnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *