Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Uncategorized

Bupati Tapsel Harap Rumah Kelahiran Prof. Lafran Pane Dipugar

72
×

Bupati Tapsel Harap Rumah Kelahiran Prof. Lafran Pane Dipugar

Sebarkan artikel ini

Kicaunews, Tapsel – Bupati Tapsel Harap Rumah Kelahiran Prof. Lafran Pane Dipugar

Tapsel, Kicaunews.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mengatakan rumah tempat lahir Prof. Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, di wilayahnya patut untuk dipugar.

Example 300x600

Hal itu sampaikannya di acara pelantikan Pengurus HMI dan Korps HMI-Wati Cabang Padangsidimpuan Periode 2024-2025 di Gedung Nasional, Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/5), kepada Sekjen PB HMI Muhammad Jusrianto untuk disampaikan kepada petinggi PB HMI.

“Saya sepakat rumah pahlawan nasional ini dikembalikan ke bentuk aslinya (direvitalisasi). Tujuannya untuk menjaga kelestarian rumah sejarah perjuangan Lafran Pane yang sangat monumental,” katanya.

Menurut Dolly, tanah (kediaman) kelahiran pelopor HMI Lafran Pane telah menjadikan kabupaten (Tapsel) yang dipimpinnya saat ini semakin eksis di kalangan dunia aktivis baik tingkat nasional maupun internasional.

Ia menyatakan, Lafran Pane yang turut andil mempertahankan kemerdekaan Negara ini. Pemikiran (Lafran Pane) melintasi zaman yang banyak melahirkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

“Karya-karya tulis beliau (Lafran Pane) hingga hari ini banyak menjadi pedoman bagi teman-teman yang akan menjadi seorang pemimpin di masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Dolly dalam sambutannya juga mengatakan, bilamana berbicara HMI, ia teringat kepada Ayahanda-nya tercinta, Almarhum Panusunan Pasaribu yang selalu disanjung-sanjung sekaligus diberi kehormatan oleh kader-kader HMI.

“Memang, tanpa disadari pemikiran saya sedikit banyak diwarnai berkat ayahanda tercinta yang memang menerima langsung ilmunya dari Prof.Lafran Pane, dan yang saya nikmati hari ini adalah proses cara berpikir beliau, sehingga saya menjadi seperti sekarang ini,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB HMI, Muhammad Jusrianto, mewakili ketua, menyebut dukungan luar biasa Bupati Dolly kepada peradaban HMI sangat luar biasa, patut diapresiasi.

Terkait pesan pemugaran rumah kediaman Lafran Pane yang sampaikan Bupati, Jusrianto mengatakan, mudah-mudahan PB HMI di periode mereka bisa merealisasikan harapan Bupati.

Menyangkut permintaan Ketum PB HMI dan Bupati Tapsel untuk merubah menjadi HMI Padangsidimpuan – Tapanuli Selatan, Jusrianto menyebut, hal ini menjadi tugas nantinya di sidang pleno. Dengan catatan keluarga besar HMI Cabang Padangsidimpuan beserta para alumni menyetujui.

Adapun Pengurus HMI Cabang Padangsidimpuan Periode 2024-2025 yang terpilih/dilantik yakni, Ahmat Rasyif Rambe (Ketua Umum), dan Fadly Agus Latif Harahap sebagai Sekretaris Umum.

Sedangkan untuk Kepengurusan Korps HMI-WATI yakni, Ade Juwita Harahap sebagai Ketua Umum dan Rabiyatul Adawiyah Matondang sebagai Sekretaris Umum. (Syams)

Example 300250
Example 120x600
xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos