Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
News

Polsek Metro Setiabudi Ungkas Kasus Jasa Pemalsuan SIM dan KTP

140
×

Polsek Metro Setiabudi Ungkas Kasus Jasa Pemalsuan SIM dan KTP

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Kicaunews.com – Unit Reskrim Kepolisian Sektor Metro Setiabudi Polres Metro Jakarta Selatan berhasil mengungkap kasus pemalsuan SIM, ijazah, buku nikah, hingga KTP di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Sebanyak 2 orang pelaku berhasil ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolsek Metro Setiabudi, Kompol Firman, S.Sos mengatakan, kedua tersangka yang ditangkap itu berinisial TN (32) dan PRA (21). Mereka melancarkan aksinya lewat sosial media.

Example 300x600

” Tersangka TN dan PRA lakukan pembuatan palsukan dokumen berupa SIM, KTP, buku nikah, dan ijazah,” kata Kompol Firman dalam press releasenya di Mapolsek Metro Setiabudi, Selasa ( 28/05/2024 )

Kompol Firman juga menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, tersangka TN memasang iklan di akun Facebook. Ketika ada pembeli, tersangka akan mengarahkan untuk berkomunikasi melalui WhatsApp guna mengirimkan foto dan identitas.

” Selanjutnya, pelaku proses dokumen itu sesuai pesanan. Untuk dokumen SIM dan KTP dicetak pakai komputer milik TN,” ungkapnya

“Ijazah dan buku nikah pelaku cetak di tempat lain di tempat fotokopi, lalu dokumen palsu pesanan itu dikirim via GoSend atau JNE ke alamat pemesan,” jelasnya

Dari tangan para tersangka turut diamankan sejumlah barang bukti mulai dari ijazah palsu, SIM C palsu, SIM A palsu, hingga SIM B1 Umum palsu.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen.

“Ancaman penjara paling lama 6 tahun,” pungkasnya

Example 300250
Example 120x600
xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos