Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKicau KampusPendidikan

Dukung Pertumbuhan UMKM, PP Muhammadiyah dan LP3M ITB Ahmad Dahlan Jakarta Lakukan Inovasi Digital di Desa Palasari Banten Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence (AI)

116
×

Dukung Pertumbuhan UMKM, PP Muhammadiyah dan LP3M ITB Ahmad Dahlan Jakarta Lakukan Inovasi Digital di Desa Palasari Banten Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Sebarkan artikel ini

Banten, Kicaunews.com – Desa Palasari, Provinsi Banten meluncurkan program inovatif yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI).  Program ini merupakan bagian dari inisiatif yang didukung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah dalam Program Hibah Riset MU Gelombang VII Tahun 2023/2024.

Kegiatan yang dimulai pada tanggal 4 Mei 2024 merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Desa Palasari, RW.03, tim pengusul, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Berbagai pihak yang terlibat memberikan sambutan dan harapan mereka dalam acara.

Example 300x600

Kepala Desa Palasari, Bapak Ucu Samsuri, dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian & Pengembangan PP Muhammadiyah serta Program Hibah RisetMU. Dengan adanya teknologi AI, kami yakin UMKM di Desa Palasari akan mengalami perkembangan yang signifikan dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Hal ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.” Ketua RW.03, Bapak Sueb, juga menyampaikan harapannya, “Dengan adanya dukungan teknologi AI ini, kami berharap UMKM di RW.03 dapat lebih berkembang dan membantu para pelaku usaha dalam mengoptimalkan bisnis mereka melalui akses informasi yang lebih baik, manajemen yang lebih efisien, dan analisis data yang lebih mendalam.”

Ketua Tim Pengusul, Bapak Muhajir Syamsu, menambahkan, “Program ini adalah hasil kolaborasi dari berbagai pihak yang peduli dengan kemajuan UMKM. Kami percaya bahwa dengan bantuan teknologi AI, para pengusaha kecil dapat menghadapi berbagai tantangan seperti pemasaran, manajemen inventaris, dan strategi bisnis dengan lebih efektif.” Bapak Uki Masduki, Ketua LP3M ITB Ahmad Dahlan Jakarta, menjelaskan, “Kami berkomitmen untuk mendampingi dan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Desa Palasari.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang teknologi AI, kami yakin mereka dapat memanfaatkannya untuk kemajuan usaha mereka. Kami juga berharap program ini bisa menjadi model yang dapat diadopsi oleh desa-desa lain di Indonesia.”

Berbagai program di bawah Program Inovasi Digital ini mencakup pelatihan penggunaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan, dukungan bisnis, dan penyediaan infrastruktur digital yang memadai. Dengan berharap UMKM di Desa Palasari dapat berkembang dan berdaya saing.

Beberapa pelaku UMKM yang telah mengikuti pelatihan awal menunjukkan penggunaan teknologi AI bagaimana cara teknologi dapat membantu strategi pemasaran, analisis pasar, dan pengelolaan inventaris. Desa Palasari, didukung oleh banyak pihak dan dengan semangat inovasi, siap melangkah ke depan dan menjadi contoh bagi desa lain dalam penerapan teknologi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. (/Rilis)

Example 300250
Example 120x600
xvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideosxvideos