Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
News

Pengaruh Gangguan Keamanan dan Radikalisme Bagi Infrastruktur

112
×

Pengaruh Gangguan Keamanan dan Radikalisme Bagi Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KICAUNEWS.COM, Jakarta –
Forum Diskusi Publik diselenggarakan oleh Ditjen IKP Kemkominfo bersama HA. BAKRI, HM., SE. Selaku anggota DPR RI Dapil Jambi digelar secara online melalui webinar dengan tema
“Pengaruh Gangguan Keamanan dan Radikalisme Bagi Infrastruktur”,Jumat (30/03).

Berikut pemaparan dari para Narasumber ,

Example 300x600

Narasumber pertama
HA. BAKRI, HM., SE. Selaku anggota DPR RI Dapil Jambi mengatakan,
“Tema Webinar kali ini tentang Pengaruh gangguan keamanan dan radikalisme bagi infrastruktur ini hendaknya bisa masuk dan diterima oleh semua kalangan masyarakat.

Infrastruktur merupakan komponen penting dalam kehidupan., antara lain jaringan komunikasi, sistem pembangkit listrik, sistem transportasi, air bersih dan lain lain. Oleh karena itu gangguan terhadap infrastruktur, baik gangguan karena bencana alam, maupun gangguan teroris radikal, dapat membahayakan penyediaan sistem sistem tersebut.

Pengamanan infrastuktur menjadi sangat vital, dengan melalui pengawasan selama 24 jam, penggunaan sistem keamanan yang canggih, dan penempatan personil keamanan yang terlatih di berbagai lokasi yang strategis.

Selain itu negara harus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang resiko kejahatan syber dan bagaimana cara melindungi diri.

Negara pun harus menegakkan hukum secara adil dan tegas terhadap para pelaku kejahatan cyber, terorisme dan radikalisme. Sehingga dapat memberi efek jera.

Narasumber kedua DR Rosarita Niken Widyastuti mengatakan,”
Pemerintah dalam rangka pembangunan juga melaksanakan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur komunikasi. Antara lain dengan pembangunan menara menara BTS sebagai penghubung komunikasi antar daerah, termasuk daerah 3 T Menkominfo.

Pembangunan infrastruktur ini ditujukan untuk mewujudkan dan memeratakan kesejahteraan rakyat.

Namun pada berjalannya pembangunan tersebut, terdapat potensi gangguan, baik gangguan teknis maupun gangguan keamanan. Misalnya : kualitas jaringan buruk, biaya tinggi, kurangnya sumber daya manusia, gangguan alam/ bencana alam, ketegangan politik dan geopolitik, hingga serangan cybercrime serta teroris dan radikalisme.

Narasumber terakhir yakni Rayi Retriananda Maulana,SIP, MIP di katakan bahwa
Infrastruktur menjadi fokus pembangunan oleh negara dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun sangat disayangkan, masih terdapat beberapa potensi gangguan keamanan yang mengancam.

Gangguan keamanan ini dapat berupa serangan syber, terorisme dan radikalisme. Gangguan gangguan ini menjadi perhatian penting, karena dampaknya sangat berpengaruh buruk untuk stabilitas , keamanan, fungsionalitas infrastruktur yang vital bagi masyarakat dan negara.

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan, maka sangat diperlukan inovasi teknologi, memperkuat kerjasama lintas sektoral dan lintas batas, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan cybercrime, terorisme dan radikalisme.(*)

widhy

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *