Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaTNI

Sektor 22 Citarum Harum Sub 5 Pengawasan Alat Berat di Sungai Cinambo

99
×

Sektor 22 Citarum Harum Sub 5 Pengawasan Alat Berat di Sungai Cinambo

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bandung, kicaunews.com – Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum di Sektor 22 Sub 5 melakukan pengawasan pengerukan sedimentasi di sungai Cinambo di wilayah RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu (23/3/2024)

Pengerukan dilakukan untuk mengurangi debit air yang masuk ke pemukiman warga saat musim hujan berlangsung.

Example 300x600

Dansub 5 Serka Rudi Irawan mengatakan, kegiatan ini menggunakan alat berat untuk mengeruk sedimentasi sungai dan penumpukan disposal serta Dumtruk untuk mengangkut sedimentasi.

“Pengerukan sedimentasi guna sebagai normalisasi sungai, sedangkan penumpukan disposal merupakan upaya restorasi sempadan sungai supaya lebih tertata rapih”. Katanya.

Normalisasi Sungai ini, menurut Rudi, bertujuan untuk menghindari bahaya banjir, sebagai langkah Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018.

“Kami melakukan pengawasan rutin alat berat ini dengan skema kerja hari ini dengan menata area, menumpuk disposal dan pengerukan sedimen berakhir dengan pengangkutan sedimen”. Jelasnya.

Dengan langkah tersebut, Rudi berharap, di wilayah ini tidak terjadi banjir jika musim hujan, dan di musim kemarau pun airnya tidak bau.

“Karena airnya digunakan untuk mengairi lahan pertanian warga, artinya keberadaan stok air sangat diperlukan oleh mereka”. Tutupnya. (MW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *