News  

Sektor 5 Citarum Harum Sub 3, Gencarkan Kembali Pembuatan Lubang Biopori

banner 120x600
banner 468x60

Kab. Bandung, kicaunews.com – Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 Melaksanakan Kegiatan Pembuatan lubang biopori di Kp. Babakan Desa, Desa Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung. Rabu  (25/1/2023).

Dansub 3 Peltu Teddy menjelaskan, pembuatan biopori bertujuan sebagai resapan air hujan kedalam tanah untuk mengurangi dampak banjir dan cadangan air didalam tanah.

ARTIKEL LAINNYA :

“Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah”. Jelasnya.

Menurutnya, Sektor 5 Citarum Harum Sub 3 terus menggencarkan pembuatan lubang biopori untuk meningkatkan daya resap air pada tanah.

“Biopori dimaksudkan untuk memulihkan kesuburan tanah, melindungi tata air, dan kelestarian daya dukung lingkungan”. Tutur dia.

Jika kemarau panjang, Peltu Teddy menyampaikan, masyarakat kerap kekurangan air. Ketika hujan turun, air larinya ke sungai tidak meresap ke tanah dengan baik.

“Dengan biopori ini setidaknya air dapat meresap ke dalam tanah dengan baik. Selain itu juga bisa menjadi cadangan air kelak jika musim kemarau datang”. Pungkasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *