Fakta-fakta yang Sangat Menarik Mengenai Jin Qorin

banner 120x600
banner 468x60

Kicaunews.com — Sosok dari jin qorin ini selalu membuat kita merasa penasaran. Keberadaannya juga selalu dikaitkan dengan khodam, bahkan ada juga orang yang menyamakan khodam ini dengan jin qorin. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar.

Walaupun sama-sama ada di sisi manusia tujuan dari jin qorin dan juga khodam ini beda. Salah satu diantaranya memiliki sifat yang buruk yang bisa menggoda manusia untuk melakukan berbagai hal negative selama hidupnya. Supaya lebih jelas lagi mari kita bahas secara lebih lengkap mengenai fakta jin qorin:

ARTIKEL LAINNYA :

Apa itu jin qorin?

Berdasarkan penjelasan dari Ustad Adi Hidayat, jin qorin ini adalah sesuatu yang menempel secara lekat. Setan ini termasuk jin qorin karena setan juga selalu ingin dekat dengan manusia. Setan selalu menggoda manusia supaya berbuat maksiat.

Walaupun sifatnya ini cenderung negative tapi jin qorin ini memang sudah ada sejak manusia lahir. Jin ini memang di tugaskan untuk selalu ada didekat manusia untuk menggoda. Bahkan sifat dari jin qorin ini sama percis dengan manusia yang dia damping.

Jadi tugas dari jin qorin ini adalah untuk menggoda manusia dalam berbuat keburukan, tapi manusia juga tetap di temani oleh malaikat qorin yang selalu membisikan hal-hal baik. Jadi sebagai manusia kita ini bisa memilih godaan secara bijaksana, apa akan mengikuti bisikan dari jin qorin atau dari malaikat qorin.

Jin qorin dalam Islam

Dapat kita simpulkan jika jin qorin ini merupakan mahluk yang keberadaannya ini sudah di akui oleh agama islam, sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah ayat 268 yang berbunyi:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Baca juga :  Pengusaha Tambang Desak Menteri ESDM Jamin Kepastian Hukum

Artinya: “Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.”

Selain itu penjelasan mengenai jin qorin juga ada dalam HR. Muslim yang bunyinya:

“Rasulullah bersabda bahwa setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang Qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, ‘Termasuk Anda, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karena itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik’.”

Perbedaan jin qorin dan khodam

Jin qorin dan khodam ini sudah pasti berbeda. Jin qorin ini adalah mahluk halus yang bisa menyesatkan dan khodam ini malah melindungi manusia dari kejahata, untuk lebih jelasnya ini dia beberapa perbedaan dari jin qorin dan juga khodam:

  1. Jin qorin akan berhenti jika manusian meninggal, tapi khodam akan mendampingi keturunan dari manusia tersebut
  2. Jin qorin akan menggoda manusia untuk melakukan maksiat, tapi khodam akan menjaga manusia
  3. Jin qorin ditugaskan olhe Allah SWT sedangakn jhodam ini adalah warisan turun menurun dari leluhur.

Cara melindungi diri dari jin qorin

Jin qorin ini merupakan mahluk yang bisa membisikan hal yang buruk kepada manusia. Jin ini selalu berusaha menggoda manusia supaya melakukan maksiat, jadi manusia ini harus membekali dirinya supaya keimanan dirinya tidak goyah. Manusia memang diberikan jin qorin, tapi manusia juga bisa melindungi dirinya dengan cara memohon bantuan dari Allah SWT. Hal ini sudah tercantum dalam Surat Al-A’raf ayat 200 yang berbunyi:

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ نَزْغٌ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ ۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Baca juga :  Rutan Cipinang Ikuti Kegiatan Evaluasi Target Kinerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Artinya: “Apabila setan menggodamu, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Allahu a’lam

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *