Hasil Survei Key Opinion Leader: Warga Jakarta Ingin Bahtiar Gantikan Anies Baswedan

Hasil survei key opinion leader terkait calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang dilaksanakan Lembaga Trust Indonesia/Repro.
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta, Kicaunews.com – Warga ibukota Indonesia Jakarta menghendaki agar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anis Baswedan.

Hal itu berdasarkan hasil survei key opinion leader terkait Calon Plt Gubernur DKI Jakarta yang dilakukan Lembaga Trust Indonesia.

ARTIKEL LAINNYA :

Yang mana menempatkan Bahtiar Calon Pj Gubernur DKI Jakarta paling unggul menyusul Marullah Matali dan Heru Budi Hartono. Bahtiar dinilai layak menjadi Pj Gubernur DKI karena memiliki kinerja yang lebih unggul dibandingkan dua calon lainnya.

Ahmad Fadli, dari Trust Indonesia menjelaskan bahwa tingkat kepuasan terhadap Bahtiar paling unggul dari dua calon lainnya yakni Sekda DKI Jakarta Marullah Matali dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

Bahtiar berada ditingkat atas dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen. Kemudian Marullah Matali 52,4 persen dan Heru Budi Hartono 36,1 persen.

“Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, anti korupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen,” kata Fadli, Sabtu (1/10/2022).

Adapun survei dilakukan secara online dalam rentang waktu 3 hari yaitu 28-30 September 2022. Populasi survei adalah responden pakar (expert) yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai 3 Calon Pj Gubernur DKI Jakarta 2022.

Jumlah responden survei sebanyak 112 responden, dengan tingkat keragaman responden pakar (expert) yang terdiri dari 8 profesi yaitu Birokrat, Akademisi, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, Media (Pers), Aktivis Mahasiswa, LSM dan Pengamat Politik.

Fadil menyampaikannya, kalau dilihat dari hasil key opinion leader maka para expert yang dilakukan wawancara itu mengarah kepada dua calon Pj Gubernur. Yakni, Bahtiar dan Marullah Matali.

“Untuk keyopinion leader kita tidak perlu menggunakan jumlah responden seperti popularitas, elektabilitas karena untuk opinion leader disini kita mengunci kepada expert saja dan tidak harus KTP DKI Jakarta,” paparnya.

Baca juga :  Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Sosialisasi PKPU tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Secara Virtual Kepada Jajaran Pemda

“Tetapi mereka yang paham dan mengetahui kinerja atau mengetahui ptofil dari ketiga plt Gubernur DKI,” jelas Fadli.

Sedangkan, hasil dari key opinion leader calon Plt Gubernur DKI Jakarta terbaik adalah Bahtiar dengan 59,8 persen, Marullah Matali dengan 35,7 persen dan Heru Budi Santoso dengan 4,5 persen.

Sebagai informasi, teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling (non-probability sampling) dengan merumuskan kriteria spesifik yang akan diteliti terlebih dahulu.

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *