Diskominfo Indramayu Siap Berperan Aktif Jadi Pejuang Informasi Komunikasi Publik

banner 120x600
banner 468x60

Indramayu, Kicaunews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu dalam hal ini Media Center Indramayu menyatakan kesiapannya menjadi bagian dari peranan penting dalam orkestrasi komunikasi publik melalui kanal infopublik.id yang dimiliki Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Hal itu terungkap ketika Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Indramayu mengikuti Bimtek jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) dengan tema “Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita”, di Four Points Hotel Tunjungan Plaza Surabaya pada 29 September 2022.

ARTIKEL LAINNYA :

Dalam kegiatan Jarkom tersebut menuntut peran aktif Media Center Daerah untuk dapat membangun sebuah narasi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui narasi tunggal kebijakan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah yang disebarluaskan di kanal infopublik.id

Redaktur Pelaksana InfoPublik.id Kemkominfo RI Moh. Taufiq Rauf mengatakan, Infopublik.id merupakan portal yang dimiliki Kemkominfo RI yang berisi informasi seputar program, kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah melalui rubrik nusantara sehingga masyarakat luas dapat merasakan kebermanfaatannya.

Menurutnya, dengan adanya Infopublik.id dapat memudahkan pejuang informasi di daerah dalam penyebarluasan informasi. Namun demikian, kemampuan dalam penulisan informasi menjadi sebuah bahan bacaan (berita) bagi masyarakat tidak boleh luput dari perhatian.

Pelaksanaan bimtek kali ini, juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan dalam mengolah suatu informasi ke dalam sebuah berita yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Taufiq menyampaikan, dalam menulis sebuah berita setiap pengelola Media Center Daerah harus selalu memperhatikan kaidah-kaidah penulisan berita serta tata tulis berita itu sendiri.

“Kaidah dan cara penulisan berita merupakan hal yang harus diperhatikan, agar tulisan yang kita buat memiliki nilai baca,” katanya.

Baca juga :  Pengamanan Logistik Pilkada Di Kantor Sekretariat PPK Kec. Batujaya

Di akhir sesi pemaparannya, Taufiq mengharapkan agar rekan-rekan yang selama ini sudah berkecimpung dalam media center daerah untuk dapat konsisten menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan selalu disertai scaling terhadap kemampuan yang dimiliki.

“Saya berharap kepada semua pejuang informasi untuk dapat selalu memberikan sajian informasi bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang IKp pada Diskominfo Indramayu Agus Muttaqin mengatakan, Media Center Indramayu setiap harinya selalu memberikan informasi kepada masyarakat baik dalam kanal website pemerintah daerah maupun melalui media sosial.

Termasuk dalam portal Infopublik.id yang dimana pernah mendapat penghargaan sebagai Media Center Daerah teraktif peringkat 10 besar dari ratusan daerah se-Indonesia. Menurut Agus, melalui kegiatan Jarkom kali ini menjadi momentum memperbaiki segala kekurangan dan meningkatkan aksi untuk memberikan narasi tunggal maupun berita kepada masyarakat Indramayu maupun secara luas.(Bd)

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *