BPNT Tunai Tidak di Belanjakan Sembako, Siswanto Aktivis Angkat Bicara

banner 120x600
banner 468x60

Cilacap, Kicaunews.com – Program Sosial Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako di Cilacap berupa uang tunai bulan September 2022 sejumlah Rp 200.000 sudah di salurkan, bersamaan dengan itu Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) sejumlah Rp 300.000 untuk dua bulan sekaligus pun sudah di salurkan lewat Kantor Pos. Jadi Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) Menerima Bantuan dalam bentuk tunai sejumlah Rp 500.000 sekaligus.

Menanggapi hal tersebut salah satu Aktivis Sosial di Cilacap, Siswanto pun memberikan komentarnya saat di temui oleh awak media.

ARTIKEL LAINNYA :

“Alhamdulillah Masyarakat bisa terbantu dengan adanya Program Bantuan dari Pemerintah berupa BLT BBM dan BPNT, tetapi sangat di sayangkan Kami banyak menerima informasi KPM yang sudah menerima bantuan BPNT berupa uang tunai yang di cairkan lewat Kantor Pos tetapi tidak dibelanjakan sesuai himbauan,”ujarnya, Sabtu (01/10/2022)

Menurut yang Saya tahu Program BPNT tersebut kan agar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga seperti beras, telur dan sumber karbohidrat protein lainnya.

“Bahkan Kami sempat turun ke lapangan dan langsung berkomunikasi dengan beberapa KPM di wilayah Kecamatan Sidareja dan Kecamatan Kedungreja Cilacap. Dari percakapan Kami ternyata KPM yang di temui itu tidak membelanjakan Bantuan tersebut untuk belanja kebutuhan Sembako tetapi di gunakan untuk kepentingan yang lainnya,”paparnya

Dari beberapa KPM yang Kami temui, ada salah satu KPM yang blak-blakan menyampaikan bahwa bantuan tersebut di gunakan untuk kebutuhan yang lainya.

Masih menurut Siswanto, Kami berharap dalam menyikapi hal ini Pemerintah Pusat dapat merumuskan sangsi-sangsi untuk KPM yang terbukti menyalah gunakan uang bantuan tersebut.

Pihaknya pun akan segera menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Cilacap dan Tenaga Sosial Tingkat Kecamatan (TKSK) Kecamatan Sidareja dan Kedungreja.

Baca juga :  PCRPB dan Tim Medis TNI AL Berkolaborasi Dengan RS Hermina Tangani Korban Gempa Cianjur

“Harapan Kami Dinas Sosial Kab. Cilacap dan TKSK memonitoring KPM di lapangan secara maksimal agar Bantuan BPNT Tunai bisa di manfaatkan oleh KPM sesuai himbauan Pemerintah,”tandasnya (Red)

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *