News  

Dansub 12 Sektor 22 Citarum Harum, Bersihkan Sungai di Tengah Perkotaan

banner 120x600
banner 468x60

Bandung,kicaunews.com  – Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 melaksanakan pembersihan sampah dan rumput liar di sungai Cikapundung wilayah RW. 08 Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Senin (26/09/22).

Terpantau dilokasi anggota Stgas Citarum Harum Sub 12 bersama Gober membersihkan sampah-sampah dan pembabadan rumput liar sepanjang 200 meter yang ada di sungai dan area sekitarnya.

ARTIKEL LAINNYA :

Dalam kegiatan tersebut, Dansub 12 Peltu Ade Sukmana memimpin secara langsung pembersihan sungai, selain mengawasi ikut serta turun ke sungai untuk membantu membersihkan area tersebut.

Saat di Konfirmasi, Peltu Ade Sukmana menyampaikan, pembersihan yang di lakukan tentunya bukan hal pertama kalinya, namun sudah menjadi tugas pokok serta kewajiban Satgas Citarum Harum.

“Hal ini kami laksanakan mengingat Daerah Aliran Sungai (DAS) yang khususnya berada di sungai yang melintasi perkotaan harus benar-benar terlihat bersih dan sehat, sehingga ekositemnya pun dapat seimbang”. Ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Peltu Ade, walau kita bersihkan setiap hari, jika tingkat kesadaran masyarakat kotanya kurang, ya, mungkin selamanya akan seperti ini kondisi sungainya.

“Kami menginginkan, sungai-sungai yang khususnya berada di wilayah kami dan umumnya di daerah-daerah lain yang bermuara ke sungai Citarum itu semuanya bersih”. Imbuh Ade.

Jika sungai bersih, Ade mengatakan, selain bisa menyeimbangkan ekosistem yang ada, hal tersebut juga mungkin bisa menjadi wahana atau wisata baru bagi masyarakat, tergantung dari pengelolaan dan peruntukannya saja nanti.

“Berharap dari apa yang kami lakukan, kedepan bisa membuahkan hasil yang maksimal dan untuk generasi seterusnya dapat selalu menjaga dan melestarikan alam ini terutama daerah aliran sungainya”. Tutup Peltu Ade

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *