Melalui Musda, Samsuri Guru Kubil. Resmi Ketua PPPSBBI Korda II Kota Tangsel

  • Bagikan
banner 468x60

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Melalui musyawarah daerah yang pertama Haji Samsuri yang disapa guru Kubil resmi menjadi ketua Persatuan Pendekar Persilatan Seni Budaya Banten Indonesia (PPPSBBI).

Tingkat kordinator daerah (Korda) II Tangerang Selatan (Tangsel) masa bhakti tahun 2022 – 2027 yang digelar di GSG serbaguna Pondok Aren Tangsel.

ARTIKEL LAINNYA :

Dijelaskan sekjen Korda I tingkat provinsi Banten Deni Arisandi menjelaskan, kategori ketua tingkat Korda II harus memiliki padepokan silat atau perguruan silat dan harus memiliki satu binaan padepokan. Kemudian untuk anggota Pendekar Banten harus tergabung dalam perguruan silat.

“Pendekar Banten itu dibentuk untuk menjaga dan melestarikan seni budaya. Oleh karenanya masing-masing Ketua Pendekar Banten harus memiliki Padepokan Pencak Silat yang tercantum dalam AD/ART kita,” kata Deni Arisandi.

“Berdasarkan hasil musda yang pertama, terpilih saudara Samsuri menjadi ketua Korda II tingkat Kota Tangsel masa bakti tahun 2022 -2027, untuk melaksanakan amanat berdasarkan AD/ART PPPSBBI, sesuai dengan prinsip ‘Bela Diri – Bela Bangsa – Bela Negara’ dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Dengan dibentuknya kepengurusan dan pelantikan Korda II di Tangsel ini kata Deni, “Tentu menjadi wadah untuk seluruh paguron pancak silat yang ada di 7 Kecamatan dari 54 Kelurahan, diharapkan, bisa menggali potensi dan melestarikan seni dan budaya seperti ‘Debus’ yang sudah terdaftar di UNESCO, salah satu seni milik masyarakat Banten,” kata Deni.

Dalam sambutannya, Sekretariat Jenderal DPP – PPPSBBI Abdurrahman berharap, pendekar Banten dapat memberikan warna bagi pemerintah dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga warisan leluhur, selain melestarikan seni budaya. Pendekar Banten harus menjadi mitra dan contoh bagi masyarakat dalam mengawal pembangunan.

Baca juga :  Penanganan Covid 19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Di Kota Cimahi Di Wilayah Cimahi Selatan

“Dengan dibentuknya kepengurusan dan pelantikan Korda II Kota Tangsel ini tentu menjadi wadah untuk seluruh paguron pencak silat untuk menjaga warisan budaya bangsa. Selain bermitra dengan pemerintah untuk mengawal pembangunan dan aparatur bersama TNI dan Polri,” pesannya.

Kesempatan yang sama Ketua PPPSBBI Korda II kota Tangsel Samsuri berjanji bakal menjaga kelestarian seni budaya leluhur, terutama pencak silat dan seni Palang pintu yang menjadi ciri budaya Betawi yang ada di Tangsel dan membangun sinergitas dengan Pemerintah.

“Kami akan berupaya apa bagaimana pendekar Banten membangun sinergitas baik dengan pemerintah dan paguyuban warga Banten termasuk ormas-ormas. Dalam kesempatan ini, Kami mohon dukungan dari bergai pihak sejalan dengan misi dan visi PPPSBBI mengedepankan kebersamaan,” pungkasnya. (Abah Ade).

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.