Optimalisasi Program Hatinya PKK, Ibu – Ibu PKK Kelurahan Cipulir Panen Bayam dan Kangkung

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, KicauNews.com – Lahan sempit bukan alasan tidak bercocok tanam di perkotaan. Bercocok tanam atau berkebun di lahan sempit di rumah saat ini menjadi tren dengan istilah pertanian perkotaan atau urban farming.

Seperti yang dilakukan kelompok wanita yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK Kelurahan Cipulir yang dipimpin oleh Ibu Lurah, Ny. Supriyatin Rahman yang mana mereka bercocok tanam atau berkebun di lahan sempit yang berada di lingkungan RW.02 Cipulir, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan.

ARTIKEL LAINNYA :

Memanfaatkan lahan sempit di lingkungan RW.02 Kelurahan Cipulir, mereka membuat lahan produktif dengan menanam berbagai macam jenis sayur mayur, cabai, dan sebagainya.

Kali ini PKK Kelurahan Cipulir memanen sayuran bayam dan kangkung, serta cabai dari hasil berkebun di lokasi tersebut.

Dalam memanen hasil berkebunnya tersebut, tampak Ibu – Ibu PKK Kelurahan Cipulir terlihat ceria.

Lurah Cipulir, Abdul Rahman Effendi, SE mengatakan, bercocok tanam atau berkebun menjadi pilihan tepat untuk menyikapi lahan terbatas.

” Walaupun lahannya tidak luas tapi kita tetap upayakan untuk ikut mengembangkan sistem pertanian perkotaan atau urban farming melalui berkebun atau penanaman secara hidroponik di sekitar lingkungan kita ” ujarnya di Kelurahan Cipulir, Senin ( 19/09/2022 ) sore

Setelah proses panen selesai, lahan tersebut akan kembali ditanami bibit – bibit baru yang telah disiapkan.

” Alhamdulillah, sudah beberapa kali kita panen sayuran di sini. Hasil panen sayuran kita bagikan untuk PKK, ASN, PPSU, dan yang lainnya biar mereka ikut merasakan hasil kebun, dan sisa hasil panennya juga kami jual kepada pihak penampung dari Pemerintah Daerah yang mana hasil dari penjualannya dibelikan bibit baru, pupuk, dan sebagainya ” ungkapnya

Baca juga :  Pemkab Tapsel Raih Anugerah Dana Rakca Atas Capain Opini WTP

” Semua dilibatkan untuk mengelola kebun inu mulai dari proses pembuatan, penanaman, perawatan sampai sayuran bisa dipanen ” terangnya

Menurut Lurah Cipulir, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan urban farming, seperti lingkungan akan semakin hijau dan hasilnya juga bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga. (Tomi)

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.