Rapat Paripurna DPRD, Bupati Ciamis : Belanja Daerah Diarahkan Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan
banner 468x60

CIAMIS, Kicaunews.com – Sejalan dengan penguatan ekonomi dan sosial masyarakat akibat Pandemi Covid 19, belanja daerah diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam rapat paripurna DPRD Ciamis dalam agenda penetapan kesepakatan bersama DPRD terhadap Rancangan KUA dan PPAS TA. 2023 menjadi KUA dan PPAS pada Jum’at (12/08/2022) di Gedung DPRD Ciamis.

ARTIKEL LAINNYA :

“Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, Pemkab Ciamis dihadapkan pada permasalahan kondisi fiskal yang tidak sehat karena dampak pandemi Covid 19,” Ucap Bupati.

Bupati menuturkan kondisi ini sangat berpengaruh terhadap struktur APBD yang mengalami kondisi defisit sangat signifikan.

“Hal ini menjadi tugas kita bersama untuk segera menuntaskannya agar tidak terus membebani struktur APBD di tahun anggaran 2023 nanti,” Ujarnya.

Bupati Ciamis beranggapan perlu adanya suatu komitmen bersama untuk menciptakan strategi yang inovatif dalam menyikapi kondisi tersebut.

Salah satu strategi tersebut diantaranya dari sisi pendapatan daerah harus terus diupayakan dengan melakukan optimalisasi peningkatan PAD secara signifikan.

Mengingat pendapatan transfer dari Pemerintah pusat saat ini yang diperoleh porsi untuk Mandatory Budget yaitu belanja yang tidak dapat dihindari jumlahnya semakin besar, sehingga membatasi ruang pendanaan yang dapat digunakan untuk membiayai program prioritas daerah.

“Upaya optimalisasi peningkatan PAD dimaksud ditempuh melalui penggalian potensi perpajakan, peningkatan kepatuhan wajib pajak, dan optimalisasi pengelolaan aset serta inovasi layanan, sehingga mampu menunjang kapasitas fiskal menuju kemandirian daerah,” paparnya.

Selain itu, Bupati Herdiat menjelaskan dari sisi belanja perlu melakukan penguatan spending better melalui pengendalian belanja yang lebih efisien lebih produktif memilih dan memilah belanja yang sangat prioritas untuk didahulukan dan belanja yang harus ditangguhkan pelaksanaannya.

Baca juga :  Tegakan Aturan Prokes, Polsek Cililin Polres Cimahi Tingkatkan Patroli Malam

“Sehingga dapat menghasilkan multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian Ciamis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Terakhir Bupati menghaturkan ucapan terimakasih pada badan anggaran DPRD, Fraksi – fraksi dan komisi-komisi serta seluruh anggota DPRD yang telah menyepakati rancangan KUA dan PPAS menjadi KUA dan PPAS Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2023.

Yat

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.