Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal menggagas Kolam Bioflok di daerah Jatigede, Sumedang

  • Bagikan
banner 468x60

Sumedang, Kicaunews.com – Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) bersama Yayasan Menuju Indonesia Emas (YMIE) dan dua Perguruan Tinggi lainnya menggagas konsep agrowisata di Waduk Jatigede, Sumedang, Kegiatan ini dilakukan sebagai sumbangsih keilmuan dari ISTA sebagai salah satu Perguruan Tinggi terkemuka di wilayah Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekda Kabupaten Sumedang Drs. H. Herman Suryatman, M.Si , Camat Jatigede Widodo Heru, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, perwakilan Bappeda, serta beberapa warga Kecamatan Jatigede Sumedang.

ARTIKEL LAINNYA :

Pada konsep agrowisata yang di gagas oleh YMIE dan ISTA, ia mengusulkan adanya kolam bioflok untuk mengganti kegiatan budidaya berbasis Keramba Jaring Apung (KJA) di waduk Jatigede.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, pada hari pertama dilakukan survey lokasi agrowisata yang letaknya di Tegal Jurong, Jatigede dan dihadiri langsung Wakil Rektor ISTA Muhammad Zuhriyanto, S.E., M.M, dosen ISTA Rini Yanuarti S.Pi, M.Si dan Tenaga Ahli Pendamping dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Ginanjar Pratama, S.Pi, M.Si.

Pemaparan konsep bioflok ikan nila oleh dosen ISTA

Keesokan harinya dilakukan pemaparan terkait konsep agrowisata secara keseluruhan oleh YMIE, dan dilanjutkan dengan pengenalan ISTA oleh Rektor ISTA Dr. Dede Rukmayadi, S.T., M.Si, serta pemaparan konsep bioflok oleh dosen ISTA Rini Yanuarti, S.Pi, M.Si.

Rini Yanuarti, S.Pi, M.Si. selaku Dosen ISTA mengatakan, wilayah Jatigede, Sumedang adalah tempat yang paling tepat untuk diadakannya konsep bioflok.

”Konsep bioflok ini sangat tepat dilakukan di wilayah Jatigede untuk pengembangan ekonomi masyarakat berbasis agrowisata”, Ucapnya.

Hal itu disebabkan banyaknya efek negatif dari KJA, seperti halnya pencemaran lingkungan, upwelling dan pelanggaran peraturan terkait budidaya KJA di waduk.

Baca juga :  Sat Samapta Polres Ciamis Giat Operasi Yustisi Di Kawasan Pasar Imbanagara

Paparan selanjutnya dilakukan oleh tim dari Universitas Prasetia Mulya mengenai desa wisata dan pengolahan gula aren.

Penyerahan plakat kepada Sekda Kabupaten Sumedang oleh Rektor ISTA

Dipenghujung akhir kegiatan, Rektor ISTA berharap dengan adanya gagasan ide yang dituangkan secara bersama-sama ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat sekitar waduk Jatigede.

Acara terakhir ditutup dengan penyerahan plakat ISTA kepada Sekda Kabupaten Sumedang.

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.