banner 728x250

Tertinggi di Survei CIR dan Datasight, Mileanies24 : Anies-Khofifah dan Anies- Sandi, Keduanya Pasangan Ideal

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, Kicaunews.com – Lembaga survei terus bergerak, para tokoh bertukar posisi, kadang diposisi satu, kadang di posisi 2 kadang di posisi 3 bahkan ada yang terlempar jauh dan ada yang tiba-tiba diatas angin. Mencocok-cocokkan para tokoh dalam pasangan-pasangan juga dilakukan,  sipil-militer, Jawa-Sulawesi, Jawa-Jawa, Jawa Sumatera,  Sunda-Jawa, Islam-Nasionalis, Nasionalis-Nasionalis dan seterusnya, ada pula pertimbangan parpol-non parpol atau sebaliknya atau parpol-parpol atau non parpol-non parpol.

Semua itu, tentu sah-sah saja dalam wacana demokrasi.  Terbaru, lembaga survei Center for Indonesian Reform (CIR) dan Datasight Indonesia merilis hasil temuan terbaru tentang bursa pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

ARTIKEL LAINNYA :

Dalam surveinya, CIR dan Datasight Indonesia melakukan sejumlah simulasi pasangan capres-cawapres. Simulasi pertama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diduetkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Lalu, ada Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berpasangan dengan Ketua DPR RI dari PDIP Puan Maharani. Pasangan ketiga adalah duet Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari hasil pengambilan sampel terhadap 1.200 responden yang dilakukan secara acak di 34 provinsi seluruh Indonesia itu menunjukkan, bahwa Anies-Khofifah menjadi pasangan capres dan cawapres yang memiliki tingkat keterpilihan tertinggi di banding pasangan lain

Dengan meraih elektabilitas 34,90 persen, pasangan kepala daerah ini unggul atas duet Prabowo-Puan yang membukukan dukungan 30,40 persen di urutan kedua. Sedangkan pasangan Airlangga-AHY hanya meraih ukungan sebesar 9,90 persen.

Simulasi kedua, CIR dan Datasight Indonesia memasangkan Anies Baswedan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga kader Partai Gerindra Sandiaga Uno berhadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diduetkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga :  Sambang BPD Polsek Pakisjaya Himbau Kamtibmas Pasca Pilkada

Dalam simulasi Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasangan calon ini, maka duet Anies-Sandiaga yang keluar sebagai pemenang dengan tingkat dukungan sebesar 43,1 persen. Sedangkan pasangan Ganjar-Ridwan Kamil hanya berada di angka 36,6 persen.

Wawancara dilakukan pada 6-9 Januari 2022 melalui sambungan telepon. Jumlah sampel diambil sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. Adapun, margin of error dalam survei ini kurang lebih sebesar 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

Bagi Mileanies24,  apapun hasil survey, semuanya ditanggapi santai dan tetap fokus untuk menjadikan Anies Baswedan sebagai Presiden Indonesia 2024-2029. Mileanies24 sangat yakin bahwa jika masyarakat objektif melihat kinerja Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan segala keberhasilan yang dibuatnya. Maka hampir 100% masyarakat Indonesia akan memilih Anies Rasyid Baswedan.

Anies Baswedan bisa berbuat begitu banyak dan di beragam sektor di Jakarta, meskipun masih banyak lagi yg hrs dilakukan. Sementara gubernur-gubernur sebelumnya pasca 1998 tidak demikian.

Kinerja Anies bisa dibandingkan dengan Gubernur manapun yang masih hidup saat ini, sangat jauh capaian Anies dibandingkan pimpinan daerah lain atau mantan pimpinan daerah lain yang masih hidup.

Terkait hasil survei,  Mileanies memandang pasangan Anies-Khofifah atau Anies-Sandi adalah pasangan ideal.

Anies-Khofifah bisa merefresentasikan banyak hal. Neneknya Anies orang Jawa, Ibunya Asli Kuningan sehingga Anies-Khofifah bisa merefresentasikan Sunda-Jawa. Anies tokoh Nasionalis yang dekat dengan kelompok Islam, jauh dari tindakan intoleran sangat cocok dengan Khofifah yang tokoh NU yang hampir seluruh hidupnya di NU. Kehadiran Khofifah juga mewakili kelompok perempuan yang sukses memimpin daerah yang sangat besar.

Sementara Anies-Sandi adalah cerita berulang Pilgub DKI, Anies-Sandi terbukti sukses memenangkan Pilkada DKI yang jadi miniatur Indonesia,  seiring sejalan tanpa konflik apapun hingga saat ini meskipun tak lagi berpasangan.

Baca juga :  Polsek Ciampel Patroli Siang Hari

Jakarta,  13 Januari 2022
Muhammad Ramli Rahim
Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies24

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *