banner 728x250

Pilihan Lampu Emergency Terbaik, Antisipasi saat Mati Listrik

  • Bagikan
banner 468x60

Mati listrik menjadi hal yang sangat menyebalkan dan mengganggu bagi sebagian besar orang. Bukan tanpa alasan, aliran listrik yang terputus tak hanya membuat lampu mati dan menghambat pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi juga membuat waktu istirahat Anda pun terganggu, terlebih pada malam hari. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk memiliki lampu emergency. Meski listrik sedang padam, setidaknya Anda tetap memiliki pencahayaan di dalam rumah.

Jadi, Anda tidak harus berjalan dari satu ruangan ke ruangan lain di dalam rumah dengan meraba atau merambat hanya untuk menghindari tersandung atau terbentur perabot, seperti meja, kursi, atau lemari. Bahkan, adanya lampu darurat ini juga menghindari Anda dari risiko cedera karena terjatuh. Lalu, penerangan darurat yang seperti apa yang cocok menjadi cahaya pengganti lampu di rumah saat listrik padam?

ARTIKEL LAINNYA :

Bagaimana Cara Kerja Lampu Emergency?

Sebelum masuk dalam pembahasan jenis lampu darurat yang tepat untuk rumah, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara lampu tersebut bekerja. Ternyata, lampu darurat menggunakan baterai kering yang memang merupakan bahan bakar atau sumber energi yang umum digunakan. Sumber daya ini bekerja tanpa perlu bantuan cairan, tak seperti aki pada kendaraan yang harus diisi dengan air aki.

Meski begitu, ada pula lampu darurat yang menggunakan sumber daya berupa baterai basah. Biasanya, lampu jenis ini harganya cenderung lebih murah, tetapi masa pakainya bisa jadi lebih singkat, terlebih jika Anda lupa melakukan pengisian daya. Jika listrik di rumah sedang menyala, tentu lampu ini harus di-charge agar bisa dipakai saat listrik padam. Ketika pengisian daya sedang dilakukan, akan terjadi arus listrik AC atau bolak-balik.

Baca juga :  Respon Acara Gathering Positif Bermedia Sosial, Kapuspen Kemendagri : Lawan Berita Hoax Dengan Konten Positif

Ketika proses ini sedang berlangsung, akan terjadi perputaran aliran listrik secara terus-menerus dari PLN sebagai sumber daya utama menuju ke baterai lampu, dan sebaliknya. Ketika melakukan isi ulang daya, lampu emergency Anda tidak akan menyala. Proses yang terjadi hanyalah pengisian daya. Jika listrik tiba-tiba terputus atau mati, lampu akan secara otomatis menyala.

Rekomendasi Lampu Emergency untuk Rumah

Jika dilihat dari tipe lampu yang digunakan, lampu darurat terbagi menjadi dua jenis, yaitu LED dan lampu neon. Dibandingkan dengan lampu neon, tentu lampu LED akan memiliki cahaya yang lebih baik, begitu pula dengan konsumsi listriknya. Semakin banyak lampu yang dipakai, tentu akan semakin terang cahaya yang dipancarkan. Nah, berikut rekomendasi lampu darurat untuk rumah yang bisa Anda pilih:

  1. Lampu CMOS HK-22L

Harga yang terjangkau dengan kemampuan penerangan yang baik menjadi alasan lampu jenis ini dipilih oleh masyarakat. Lampu darurat ini dibekali dengan 22 lampu LED yang dibagi menjadi empat buah lampu LED berukuran besar dan 18 buah lampu LED dengan ukuran yang lebih kecil. Tentunya, pada ruangan yang gelap, lampu ini akan mampu memberikan penerangan yang maksimal. Bergantung pada jenis lampu LED yang dipilih, CMOS HK-22L punya masa pakai antara 9 sampai 30 jam.

  1. Panasonic LDR400N

Tipe berikutnya adalah Panasonic seri LDR400N. Produk besutan Panasonic ini telah dibekali dengan teknologi yang canggih dan modern. Soal terangnya, Anda tidak perlu meragukan kemampuan lampu darurat ini, karena Anda bahkan bisa menggunakannya untuk kegiatan di luar ruangan pada malam hari. Memiliki bentuk yang sangat simpel, Anda tak akan kesulitan untuk membawa lampu darurat ini ke mana saja. Bagian atasnya dilengkapi dengan fitur pegangan yang membuat Anda tak perlu kerepotan harus memegangnya dengan kedua tangan.

  1. Hannochs Genius
Baca juga :  VIVO PERKUAT KOMUNIKASI PADA KALANGAN MUDA INDONESIA

Lampu emergency tipe ini bisa dibilang sangat mudah diaplikasikan. Anda cukup memegang bagian bawah lampu dengan menggunakan dua jari secara bersama-sama, dan lampu pun akan langsung menyala. Setelah itu, letakkan lampu pada ruangan atau tempat yang Anda inginkan dengan memakai gantungan yang telah tersedia di dalam boks. Lampu darurat merk Hannochs ini punya kapasitas baterai mencapai 2500 mAh, sehingga bisa bertahan hingga 2,5 jam. Lalu, untuk mengisi kembali dayanya, Anda hanya perlu menyambungkan kabel ke sumber listrik.

  1. Surya SFT L2410

Tidak ingin gelap dan kegerahan saat listrik sedang padam? Lampu darurat merk Surya SFT L2410 tentu jadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Bagaimana tidak, lampu ini dilengkapi dengan kipas angin yang membuat Anda tetap sejuk meski pendingin ruangan sedang mati. Bahkan, ketahanan lampu ini bisa dikatakan tak main-main, yaitu berkisar antara 10 sampai 12 jam, bergantung pada mode pakai yang Anda pilih.

  1. Philips Rechargeable LED Bulb

Siapa tidak kenal dengan perusahaan elektronik satu ini? Ya, Philips memang menjadi produsen perangkat elektronik yang tak diragukan lagi kualitasnya, termasuk dalam hal lampu darurat. Memiliki daya sebesar 7 Watt, lampu darurat milik Philips ini mengusung konsep rechargeable atau bisa diisi ulang. Fungsinya pun tak hanya sebagai penerang ruangan ketika listrik sedang menyala, tetapi juga sebagai lampu darurat saat listrik padam.

  1. Luby L-5612A

Lampu darurat merk Luby seri L-5612A punya 22 buah lampu berjenis LED yang mengusung konsep hemat energi. Lampu ini mampu memberikan penerangan pada rumah ketika listrik padam selama sekitar 8 jam. Cara lampu ini bekerja tak jauh berbeda dengan lampu LED dengan dua fungsi, ketika listrik padam lampu akan langsung menyala sebagai sumber cahaya darurat. Bahkan, Anda bisa mengatur tingkat penerangan lampu ini lebih mudah dengan adanya remot kontrol sebagai fitur tambahan.

Baca juga :  Kehadiran Galaxy A9, Akhirya Pihak Samsung Resmi Mengumumkan

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi lampu emergency terbaik yang bisa jadi pertimbangan Anda. Temukan banyak jenis lampu darurat lainnya dengan harga dan penawaran menarik melalui aplikasi atau website Blibli. Pastikan Anda telah memiliki setidaknya satu lampu darurat sebagai antisipasi mati listrik, ya!

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *