Gandeng KKP Bahas Potensi Perikanan dan Kedaulatan Indonesia, Begini Kata Ketua Umum MIPI

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, KicauNews.com – Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) kembali menggelar web seminar atau webinar dengan menghadirkan Menteri Kelautan Dan Perikanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M. dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.SI. untuk membahas “Memahami dan Memanfaatkan Potensi Perikanan dan Kedaulatan Indonesia”.

Acara yang dilaksanakan secara daring (zoom meeting) dan disiarkan melalui channel Youtube MIPI itu, dilaksanakan pada Minggu (19/9/2021).

ARTIKEL LAINNYA :

Ketua Umum MIPI Dr. Bahtiar yang juga Dirjen Politik dan PUM Kemendagri dalam pembukaannya mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti webinar.

“Terima kasih atas antusiasme, ini topik yang bagus, bagaimanapun ini topik yang luar biasa, banyak mungkin yang sudah membahas namun yang relevan, signifikan, urgent, baru kita bahas.” kata Bahtiar.

Dengan menghadirkan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M. Menteri Kelautan dan Perikanan serta Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.SI. Bahtiar menegaskan, nanti kita akan lihat seperti apa yang seharusnya dikelola dalam memanfaatkan potensi perikanan dan kelautan Indonesia.

Ia menambahkan, dalam konteks ini merasa miris bahwa, wilayah Indonesia 2/3 adalah kelautan dengan luas 4 juta KM, namun dari 2/3 wilayah laut Indonesia itu, kontribusinya terhadap pendapatan Domestik Bruto Indonesia baru 3,7% yang ia cuplik dari media BPSDM KKP Tahun 2019.

Bahtiar melanjutkan, begitu juga ditingkat daerah, baik daerah kepulauan, Provinsi Kepulauan dan Kabupaten Kepulauan setiap Kontribusi PAD nya dari Sektor Kelautan sangat kecil dan Kontribusi APBD nya masih dari daratan dengan sektor terbesar adalah Pajak Kendaraan Bermotor.

Dalam hal ini Bahtiar menegaskan, belum ada tanda-tanda yang signifikan terhadap pemanfaatan kekuatan sumber daya alam Indonesia yang bersumber dari perikanan dan kelautan.

Baca juga :  Gabungan TNI POLRI Bersama Satgas Covid -19 Banjar Gelar Operasi Yustisi di Desa Jajawar

“Maka dari itu kami mengajak untuk sama sama mengkaji ulang berbagai program-program dari waktu ke waktu tentang bagaimana membangun laut dan perikanan kelautan Indonesia,” tutup Bahtiar.

Hadir sebagai Narasumber Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan Perikanan, Pusat Penelitian Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir, Kementerian Kelautan Perikanan, Dr. Anastasia Rita Tisiana Dwi Kuswardani, S.Si., M.T., Kadis Disperindag Provinsi Kepri Ir. H. Burhanuddin, M. Si.(Red)

Selengkapnya :

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.