banner 728x250

Percepatan Program Pemulihan Ekonomi, Bahtiar : UKM Sebagai Instrumen Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, KicauNews.com – Dirjen Polpum Kemendagri, Kamis (16/9/2021) menyelenggarakan Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021 secara Zoom dan Live streaming via Youtube Channel.

Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021 memfasilitasi ruang komunikasi dalam program Webinar mengusung tema “Bangga, Cinta dan Pakai Produk Indonesia” Diera Industri 4.0 & Manfaatnya Bagi UMKM.

ARTIKEL LAINNYA :

Atas kerjasama yang dibangun dengan mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional di masa pandemi Covid – 19, Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum bersama PT Cendekia Mulia Komunikasi, swasta nasional di bidang Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) duduk bersama berdiskusi.

Latar belakang kegiatan ini untuk realisasi percepatan program pemulihan ekonomi yang menjadi tema Rencana Kerja Anggaran Pemerintah (RKAP) 2021.

Hal ini untuk mengejar target Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, terancam meleset akibat pandemi Virus Corona yang telah menimbulkan dampak yang besar terhadap pembangunan nasional dan berpengaruh pada kondisi ekonomi 2021, sekaligus melemahkan ketahanan ekonomi nasional.

Sebagai pemangku kepentingan utama nasional, Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya-Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, memandang penting untuk menjembatani sasaran agenda pembangunan nasional, utamanya menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menguatkan ketahanan ekonomi nasional pada sasaran UMKM.

Guna membuka akses informasi serta medium promosi potensi produk, sekaligus penghargaan atas partisipasi peran dan kontribusi sektor UMKM terhadap siklus perekonomian nasional, agar menjadi usaha yang tangguh, kuat dan inovatif serta mampu memenuhi kebutuhan dalam Negeri dan peluang ekspor.

Ucapan selamat datang disampaikan MC Desmona Chandra untuk Bersama – sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Baca juga :  Kapolses Camis Laksanakam Silaturahmi ke Pospen Manhajul Ulum Nuss

Prosesi pembukaan di awali dengan pembacaan do’a yang dipimpin Marsudi dari Subdit Ketahanan Ekonomi – Ditjen Polpum, sebelum Dr Drs La Ode Ahmad, M Si Direktur Ekonomi Sosial Budaya – Ditjen Polpum, Kemendagri menyampaikan laporan kegiatan.

Dalam sambutan pembukaannya, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Dr Drs Bahtiar, M Si menegaskan bahwa Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“dewasa ini memiliki peran penting dan relevan dalam konteks pembangunan nasional. Utamanya menyikapi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai dampak negative pandemic Covid – 19,” Kata Bahtiar.

Webinar dengan konteks pemanfaatan industri 4.0 bagi UMKM, terbagi dalam 3 sesi dengan masing-masing sesi mengetengahkan panelis yang mengemukakan materi terkait dengan tema webinar.

Kemudian, seluruh rangkaian acara dipandu Desmona Chandara sebagai MC sekaligus Moderator.

Sesi pertama memberikan kehormatan kepada Menteri Koperasi dan UKM, Drs Teten Masduki sebagai Panelis dengan menyampaikan informasi dan peran serta UKM berjudul “Tantangan dalam Digitalisasi UKM dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Sesi Panelis kedua diisi Ibu Astri Wahyuni selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Tokopedia dengan memberikan added value bertemakan “Aksi dan Inovasi Digital untuk Indonesia Berkelanjutan”

Dari kedua sisi tersebut, Webinar dilanjutkan dengan ruang komunikasi bagi pengusaha UKM Indonesia yang dituntut untuk mampu meningkatkan ketajaman visi bisnisnya, mengingat persaingan bisnis di level domestic maupun global semakin ketat ditengah era digital

Untuk kepentingan itu, Sesi ketiga diisi dengan mengetengahkan 2 sumber utama pelaku UMKM, yakni Denny Arivian Owner Pelataran Batik dan Sdr.Khairul Gani Founder dan CEO Gonegani, mengusung focus bahasan “Manfaat Pasar Digital Bagi Industri Kreatif Indonesia“.(Red/detikperistiwa)

Selengkapnya :

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *