banner 728x250

Ormas Expo 2021, Kemendagri Ajak Ormas Berinovasi Andalkan Teknologi Informasi

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, KicauNews.com – Kementerian Dalam Negeri menggelar Ormas Expo 2021 dengan tema Peran Organisasi Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid-19 yang diikuti  lebih dari 1.000 peserta yang bergabung melalui zoom dan youtube channel, Senin (23/08).

Ormas Expo merupakan acara penganugerahan untuk Organisasi Kemasyarakatan dan NGO yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

banner 336x280

Ormas atau NGO yang berpartisipasi dalam acara ini adalah mereka yang memiliki dampak nyata dalam pemulihan ekonomi nasional selama penanggulangan wabah Pandemi COVID-19.

Mendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D saat memberikan sambutan

“Dalam sistem negara demokrasi, pemerintah bukan satu satunya pemain dominan dalam pelaksanaan pembangunan dan jalanya sistem pemerintahan, sejatinya kekuasaan ada di tangan rakyat, olehnya ada hak bagi warga negara untuk berserikat dan berkumpul, salah satunya pemerintah memberikan ruang untuk mengakomodasi organisasi yang ada di masyarakat, di harapkan banyaknya ormas yang ada dapat mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah dalam tujuan pembangunan nasional,” ujar Mendagri.

Mendagri melanjutkan, pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis multidimensi serta merupakan pandemi terlama dalam sejarah manusia, dampaknya mengakibatkan efek domino dalam bidang ekonomi, sosial, dan keamanan.

Mendagri menghimbau pada ormas serta seluruh elemen masyarakat untuk dapat bergandengan tangan dalam menghadapi situasi sulit ini.

“kita bisa berhasil merdeka dengan cara bergandengan tangan, pemerintah dan non pemerintah serta seluruh elemen bangsa,” lanjut Mendagri.

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik & PUM, Dr. Bahtiar, M.Si saat memberi sambutan

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik & PUM, Dr. Bahtiar, M.Si menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk inovasi di tengah pandemi Covid-19 yang membatasi pertemuan fisik. Kegiatan ini juga merupakan kali pertama digelar Kemendagri.

“Ini saya kira inovasi luar biasa yang dilakukan Direktur Ormas (Ditjen Pol & PUM) dan kawan-kawan,” kata Dirjen Bahtiar saat memberi sambutan saat press conference kegiatan Ormas Expo Tahun 2021 secara hybrid.

Bahtiar mengungkapkan, Indonesia memiliki ormas dengan jumlah yang melimpah hampir 500 ribu. Menurutnya, dengan jumlah tersebut, keberadaan ormas dapat menjadi kekuatan yang luar biasa bila bergerak bersama dalam membantu pemerintah membangun negara.

“kegiatan Ormas Expo 2021 ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat yang tergabung dalam ormas di seluruh Indonesia,” Harap Bahtiar.

Bahtiar menyebutkan, ormas perlu melakukan inovasi, misalnya dalam tata kelola organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terlebih di tengah pandemi, yang mengharuskan sikap adaptif untuk dapat terus bertahan.

“Mudah-mudahan hal kecil yang kami lakukan ini, bisa menginspirasi kawan-kawan semua untuk menjadikan organisasi kemasyarakatan menjadi mitra strategik untuk membangun masyarakat di manapun kita berada,” Tandas Bahtiar.

Sebagaimana informasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) menggelar Organisasi Masyarakat (Ormas) Expo Tahun 2021 dari tanggal 23 hingga 29 Agustus 2021.

Acara yang digelar secara virtual, dengan tema “Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid-19” Turut dihadiri Mendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, Dedi Junaidi Ketua Pembina Yayasan Bentang Merah Putih, Yohana Elizabeth Ketua Yayasan Bentang Merah Putih sekaligus Ketua Yayasan Pandu Pemimpin Cinta Bangsa, Jolene Marie Wakil Ketua Yayasan Pemuda Negeri Bersatu, serta Ahmad Romzi dari Arus Informasi Sahabat Santri Nusantara, perwakilan dari Gusdurian, serta masih banyak lagi.

(Red)

Selengkapnya : 

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *