banner 728x250

Sektor 22 Citarum Harum Sub 16, Melakukan Patroli Sungai

  • Bagikan
banner 468x60

Lembang,kicaunews.com – Satgas Sub 16 sektor 22 Citarum Harum dipimpin oleh Serma Epi Nana Rukmana, melakukan Patroli Sungai di wilayah kerjanya, sebagai survay perkembangan wilayah sungai terkini, Minggu (1/08/2021).

Pada giat patroli sumgai ini satgas terus memerhatikan derajat keadaan air sungai, sampai sejauh mana tingkat kekotorannya sebagai pembelajaran satgas, supaya bisa diantisipasi secara mandiri atau perlu tindakan yang tegas lainya.

banner 336x280

“Kita perlu jelas dulu apa permasalahan yang Sebenarnya hingga air sungai menjadi begini, juga selain itu pada patroli sungai kita memerhatikan kondisi sempadan atau daerah aliran sungainya, jika perlu perbaikan ya kita lakukan dengan Sampunya,” ujar Epi Nana.

Pada patroli sungai ini satgas sub 16 tidak menemukan hal yang diluar dugaan, secara umum kondisi air sungai dibeberapa titik keadaanya bening namun ada juga yang tercemari kotoran hewan.

Serma Epi Nana Rukmana, tidak bosan memotivasi anggotanya, supaya terus melakukan imbauan kepada masyarakat dengan anjuran tidak mebuang limbah apapun ke sungai, termasuk kotoran hewan bagi masyarakat peternak.

“Kita imbau semua lapisan masyarakat termasuk warga peternak sapi susu, supaya tidak mengotori air sungai dengan cara apapun,” imbuh Epi Nana.

Satgas sub 16 terus memantau ekstra keras terutama kepada peternak, secara berangsur supaya bisa memimalisir pembuangan kotoran hewan secara bebas, karena untuk menghentikan hal ini, seolah membunuh pencaharian mereka.

Beberapa solusi sudah dijalankan oleh para peternak, namun belum 100% teratasi, yaitu melalui komposer dan kascing. Motivasi ini satgas melakukannya melalui komsos door to door kepada warga.

Pasca patroli sungai dan komunikasi sosial (komsos), satgas melanjutkan pekerjaan pengomposan, yang selama ini menjadi kegiatan yang bisa mengurangi tingkat pencemaran.(*)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *