banner 728x250

Sambang Dialogis, Kapolsek Kebayoran Lama Sampaikan Pentingnya Vaksinasi Hadapi Pandemi Covid-19

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, KicauNews.com – Kesadaran akan pentingnya vaksinasi Covid-19 harus terus didorong, melalui sosialisasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat pada umumnya.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Kepala Kepolisian Sektor Kebayoran Lama Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Donni Bagus Wibisono, SE dengan didampingi oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Grogol Utara AIPTU Kasim yang menggelar Sosialisasi Vaksinasi Merdeka Covid-19 kepada seluruh Pengurus RW.03 beserta para Ketua RT di lingkungan Jl. Kemandoran VII RT.007/03 Grogol Utara, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan, Rabu ( 28/07/2021 ) sore.

banner 336x280

Sosialiasi yang dilakukan terbatas dan mengikuti standart protokol kesehatan tersebut, kompol Donni Bagus Wibisono, SE juga menyampaikan bahwa berbagai negara mengalami banyak tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, seperti India, Malaysia, Singapura, dan negara lainnya.

“ Tentu hal ini menjadi persoalan kita bersama. Kita menyadari bahwa dalam menghadapi pandemi ini, setiap individu seperti dalam keluarga harus peduli akan hal ini. Jika kita tidak peduli akan protokol kesehatan yang baik, maka tidak mungkin kita bisa terlepas dari pandemi dan akan membahayakan orang lain. Melalui silahturrahim ini, diharapkan dapat memberi jawaban dan pengetahuan terhadap berbagai hal tentang vaksin yang ada saat ini ” terangnya

Di kesempatan yang sama, Kapolsek Kebayoran Lama menjelaskan, vaksinasi adalah bagian dari penanggulangan Covid-19 yang wajib diikuti. Tidak hanya melalui vaksinasi, penanggulangan Covid-19 juga terus kami lakukan melalui gerakan 3T ( testing, tracing, and treatment ) dan 5M ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas ) dalam masyarakat.

” Vaksinasi bermanfaat untuk memproteksi diri secara individu dan lintas kelompok, serta membentuk kekebalan kelompok ( herd immunity ). Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. Vaksin – vaksin yang digunakan tentu aman, efektif, dan halal serta mendapatkan rekomendasi dan pengkajian terkait dengan hukum ” ungkapnya

Baca juga :  Disinggung Provinsi Bogor Raya Oleh Walikota Bogor, Kapuspen Kemendagri Tegaskan Masih Moratorium

Lebih lanjut, Kapolsek Kebayoran Lama menyampaikan, tubuh seseorang yang sudah divaksin akan merangsang dan membentuk antibodi dengan cepat. Berbagai gejala atau efek setelah vaksinasi memang terjadi. Namun, imbuhnya, hal tersebut wajar terjadi dikarenakan efek inflamasi yang disebabkan vaksin memasuki tubuh dan tubuh bereaksi terhadap kandungan vaksin yang diberikan, baik itu Sinovac maupun AstraZeneca.

“ Selain itu, usia juga mempengaruhi timbul gejala dari vaksinasi. Tercatat golongan usia lanjut memiliki tingkat gejala yang lebih rendah daripada golongan usia muda. Gejala yang terjadi juga menandakan bahwa vaksin memiliki kandungan zat aktif dan tubuh memberikan respon. Manfaat yang diberikan vaksin lebih besar daripada resikonya, dan terbukti vaksinasi dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Jadi, lebih baik divaksin daripada tidak divaksin,” pungkasnya dengan tegas (Tomi)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *