banner 728x250

Webinar Peningkatan Literasi Digital Bagi Pemuda Kreatif dan Kreatif

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, Kicaunews.com – Dengan mengambil tema Peningkatan Literasi Digital bagi Pemuda Kreatif dan Produktif” Melalui zoom Cloud Meeting dan di siarkan langsung melalui youtube swarasenayan http://www.youtube.com/watch?v=mui-16uWb90 Komisi I DPR RI Dan Ditjen IKP Kemkominfo RI Menggelar Webinar Forum Diskusi Publik, Kamis, 24 Juni 2021

Dengan menghadirkan narasumber H. Bachrudin Nasori, S.Si., MM. selaku Anggota Komisi I DPR RI, Gun Gun Siswadi selaku Akademisi Universitas Esa Unggul dan H.Sabilillah Ardie, B.Sc. selaku Wakil Bupati Tegal

banner 336x280

H. Bachrudin Nasori, S.Si., MM. selaku Anggota Komisi I DPR RI, mengatakan komisi I DPR RI dalam bidang teknologi informasi, dalam acara webinar ini mendukung acara ini, dalam 2 tahun ini kita masih pandemi dan teknologi informasi sangat membantu dalam aktivitas kegiatan.

Komisi I mendorong Kemkominfo dalam hal kegiatan yang positif untuk masyarakat khususnya literasi digital teknologi informasi.

Banyak juga yang hadir dalam webinar ini anak anak muda daerah pemilihan saya yakni Brebes Tegal, saya sangat bersyukur anak muda mengikuti kegiatan ini.

Literasi digital di perlukan dalam teknologi informasi ini, masyarakat harus pandai memanfaatkan teknologi digital.

Browsing saat ini bebas , kita mau mengakses yang negatif bisa, gunakan lah teknologi digital untuk mengakses yang positif.

“Hati hati dengan UU ITE jangan sembarang kita memposting, jadi kita harus pandai dalam penggunaan teknologi digital,”tutupnya.

Narasumber kedua Gun Gun Siswadi selaku Akademisi Universitas Esa Unggul mengatakan,” kita harus bijak memanfaatkan teknologi digital.

Masyarakat semakin mudah mengakses informasi dan informasi sudah menjadi kebutuhan pokok manusia.

Terjadi tsunami informasi maka masyarakat perlu memilih dan memilah sesuai kebutuhan.

Di era pandemi ini teknologi informasi sangat di butuhkan dan informasi tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok.

Baca juga :  Sampah di Tangsel Berserakan, HMI Ciputat Kritisi Kinerja Pemkot

Banyak berita hoak saat ini, berita bohong atau hoak sengaja di buat untuk di samarkan seperti layaknya kebenaran, ciri ciri berita hoak di antara nya di awali dengan kata kata sugesti dan heboh, mencatut nama lembaga terkenal, terdengar mustahil, banyak di tulis dengan huruf kapital atau tanda seru.

Literasi digital sangat di perlukan dalam teknologi informasi, selalu ganti pasword secara berkala, jangan buka email yang mencurigakan, gunakan koneksi internet yang aman.

“Pemuda sebagai agen pembaharuan ,pendidik harus mampu mengedukasi dan memanfaatkan teknologi secara bijak,”Tutup nya.

Narasumber terakhir oleh H. Sabilillah Ardie, B.Sc. selaku Wakil Bupati Tegal, beliau katakan “Pelaku industri dan alat industri saling terkoneksi, kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan komunikasi.

Manfaat literasi digital diantaranya,hemat waktu, biaya, memperluas jaringan. Meningkatkan literasi digital dengan memahami cara kerja teknologi, kenali hal dan kewajiban sebagai pengguna aplikasi dan internet, kenali karakter hoak, pikir dan saring sebelum kita sharing atau posting.

“Masyarakat Kabupaten Tegal saat ini mengalami bonus demografi, tantangan nya mudah mendapatkan informasi yang benar atau tidak, komunikasi tanpa batas, kesempatan nya bisa menjadi jalur karir baru menjadu YouTubers atau scriptwriter , mendapatkan informasi terkini secara tepat, belajar tanpa batas,”Tutupnya. (AW)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *