banner 728x250

Disduk Capil Bersama Pengadilan Agama dan Kemendag Kabupaten Ciamis Gelar Sosialisasi Adminduk

  • Bagikan
banner 468x60

Ciamis, Kicaunews.com – Bertempat di aula Kecamatan Ciamis Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis yang saat ini di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Dukcapil H Agus Kurnia melaksanakan Sosialisasi tentang kelengkapan adminduk bersama Pengadilan agama Kabupaten Ciamis Selasa (15/6/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili dari pengadilan agama Ciamis panitera bapak Engkos, dari kemenag oleh Kasie Bimmas Islam Muhammad A. Maftuh sementara itu dari Disduk Capil Ciamis Oleh Kepala Disduk Capil H Agus Kurnia yang di dampingi oleh Kabid Dapduk H Ade Ruhiat SH MM, bersama Ahmad Zaenudin Kasi PIAK Bidang PIAK.

banner 336x280

Sementara itu yang mewakili dari pengadilan agama Ciamis oleh Panitera bapak engkos, dari Kemenag Ciamis oleh Kasie Bimmas Islam
Muhammad A. Maftuh yang di ikuti oleh peserta sosialisas dari kader pos yandu wilayah kecamatan ciamis dan kecamatan Baregbeg.

Sosialisasi tersebut materi yang di sampaikan tentang kepengurusan dokumen dan kelengkapan admistrasi kependudukan untuk itu bagi masyarakat yang belum memiliki dokumen agar segera melengkapinya baik itu pengurusan Kartu tanda Penduduk.

“Kartu keluarga dan kelengkapan adminduk lain nya, masyarakat harus segera mungkin mengurus andminduk dalam wujudkan Indonesia sadar akan tertib admistrasi kependudukan,”kata Kadisduk Capil Ciamis H Agus Kurnia selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu Engkos Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Ciamis menyampaikan terkait Dasar Hukum UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan dan UU Nomor 7 Tahun 1989 Amandemen pertama dengan UU No 3 tahun 2006, Amandemen ke 2 UU No 50 tahun 2009 tentang Peradilan agama.

Selain itu juga Panitera dalam sosialisasi tersebut materi yang di bahas terkait Impres No 1 tahun 1991 tentang kompilasi hukum agama,
Undang-undang nomor 48 tahun 2009 pasal 56 dan 57 tentang kekuasaan Kehakiman
Tentang pedoman pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan.

Baca juga :  Gebyar Vaksinasi di Wilayah Desa Margajaya Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Panitera selaku Narasumber dari pengadilan agama kabupaten Ciamis juga menyampaikan point materi tentang Perma No 1 2015 tentang pelayanan terpadu sidang keliling pengadilan negeri dan pengadilan agama / mahkamah syariyah dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran.

Surat Edaran Dirjen badilag nomor 508.a/DJA/HK.00/03/2014 tentang petunjuk teknis pelaksanaan peraturan Mahkamah Agung RI No.1 Tahun 2014 tentang pedoman layanan hukum bagi masyarakat miskin di pengadilan ini sebagai materi pokok yang berkaitan dengan pengadilan agama yang di sampaikan Panitera kepada peserta sosialisasi.

Selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan hal ini sebagai upaya bersama dalam pencegahan penyebaran Covid -19. (Yat)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *