oleh

Keren ! Aksi Ubed Baraya Sektor 22 Citarum Harum di Sungai Cikakak

Kota Bandung,kicaunews.com  – Subsektor 1 Sektor 22 melaksanakan pembersihan Sungai Cikakak yang berada di perbatasan RT 04, 05 dan 06 RW 05 Kel. Nyengseret Kec. Astana Anyar Kota Bandung. Senin (3/5/2021).

Kegiatan pembersihan tersebut rutin dilaksanakan dan menjadi tugas sehari-hari bagi anggota TNI dan masyarakat binaannya. Kurang lebih 125 Kg sampah terangkat dari sungai Cikakak yang kemudian dibuang ke TPA terdekat.

Namun ada hal yang unik dalam kegiatan pembersihan ini dilihat dari seorang masyarakat binaan Sektor 22 yang bernama Sidiq atau biasa dipanggil Ubed. Dengan semangat yang militan, Ubed berenang mengambil sampah ke tengah sungai yang cukup dalam. Ia pun dengan trengginas mengumpulkan sampah sampah plastik yang terbawa arus sungai agar tidak terbawa ke hilir.

Ubed menjelaskan, ini sudah menjadi kebiasaan dan tradisi untuk membantu Sektor 22 dalam mewujudkan program Citarum Harum.

“Saya bergabung dengan Sektor 22 sejak tahun 2018 atas dasar peduli lingkungan, kebetulan pada saat itu membutuhkan masyarakat untuk membantu kegiatan sehari-hari, dan tanpa pikir panjang saya langsung bergabung karena tugas yang di emban ini adalah tugas yang sangat mulia”. Ucap Ubed dengan Senyuman Khasnya.

Sampah merupakan permasalahan yang cukup komplek di kota Bandung, dalam tiap harinya selalu menghasilkan 1.500 ton sampah, dimana 1.300 ton sampah teratasi ke Sarimukti dan 200 ton sampah tercecer di berbagai titik titik penumpukan sampah.

Kondisi tersebut dikarenakan masih adanya RW yang belum MOU dengan PD Kebersihan dan yang paling utama adalah mindset/perilaku masyarakat yang belum sadar serta masih menjadikan Sungai tempat sampah terbesar. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru