oleh

Riwayat Tentang Dingin Nya Neraka Jahannam

KICAUNEWS.COM – Neraka adalah tempat yang sangat di takuti oleh siapapun yang di ciptakan oleh Allah Ta’ala untuk menyiksa hamba Nya yang ingkar dan penuh dosa selam hidup di dunia.

Bila mendengar kata neraka kita sering di hadapkan tentang riwayat siksaan dengan api yang sangat panas yang dapat menghancurkan tubuh orang yang ada di dalam nya.

Tetapi di belahan neraka jahannam ada sebuah tempat yang diriwayatkan tempat tersebut sangatlah dingin lebih dingin dari hawa dingin yang pernah ada seperti di riwayatkan di dalam Al Qur’an

” Inilah (ajab neraka) biarlah mereka merasakannya (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin (ghossaq). Al Qur’an Surat Shaad Ayat 57

Diriwayatkan hawa dingin di neraka jahannam yang di sebut dalam Al Qur’an dan hadist dengan sebutan ghossak yang makna nya adalah air yang sangat dingin dan menyiksa yang dapat membinasakan para penghuni nya serta dapat menjadikan antara daging dan tulang terpisah.

Berdasarkan ayat di atas para penduduk neraka di azab bukan hanya dengan api yang panas saja tetapi juga dengan hawa yang sangat dingin yang di namai ghossaq, dan menurut Ibnu Abas Rodiallahuanhu menjelaskan bahwa ” ghossaq adalah udara yang sangat dingin dan membinasakan dengan dingin nya ‘, dan di dalam kamus Kalimatul Qur’an ghossaq di maknai yaitu darah dan nanah yang mengalir dari jasad para penghuni neraka yang berbau sangat busuk dalam dingin yang sangat menyiksa.

Dalam ayat lain juga di jelaskan tentang ghossaq yaitu

” Mereka tidak merasakan kesejukan di dalam nya dan tidak (pula mendapatkan) minuman, selain air yang mendidih dan ghossaq, sebagai pembalasan yang setimpal “, Al Qur’an Surat An Naba ayat 24-26.

Baca juga :  Pentingnya Peran Pemuda Dalam Pilkada, LSM PIN dan Kemendagri Berikan Pemahaman

Dan hadist yang menjelaskan tentang dingin nya neraka di jelaskan di dalam hadist yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah dan Abu Said Al Khudri dari Nabi Shallallahu’ alaihi wa salam, Beliau bersabda

” Jika hari begitu amat dingin, lalu seorang hamba mengucapkan ‘ Laa illaha ilallah, maa asyaddu bardin hadzal yaum ” Allahumma aajirni min zamharir jahannam ” ( Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah melainkan Allah begitu dingin hari ini. Ya Allah selamatkan aku dari dingin beku nya jahannam ). Allah Ta’ala kemudian berfirman kepada jahannam, ” Sesungguhnya diantara hamba-Ku, meminta perlindungan kepada-Ku dari dingin bekumu, dan Aku bersaksi padamu bahwa Aku telah melindungi dari dingin tersebut “, Mereka berkata, ” Apa itu jamharir jahannam ? “, Dia menjawab, ” itu adalah rumah yang orang kafir di lemparkan di dalam nya, lantas mereka terasing karena saking dingin nya “.

Dalam hadist tersebut di jelaskan tempat yang sangat dingin di jahannam di sebut dengan zamharir jahannam atau dingin beku nya jahannam.

Dari hadist tersebut, Syaikh Hammad Al Hammad hafizhohullah berkata di syariatkan membaca dzikir seperti yang di sebutkan di dalam hadist tersebut ketika mendapatkan hawa atau cuaca yang sangat dingin.

Dalam hadist muttafaqun alaih, dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda

” Neraka berkata, ” Ya Robbi, kami memakan satu sama lain nya, ( maka izinkanlah kami untuk bernafas), maka Allah mengizinkan untuk bernafas dua kali, nafas ketika musim dingin dan nafas ketika musim panas. Hawa yang amat panas, itu adalah dari panas nya neraka. Hawa yang amat dingin, itu adalah dari dingin ( dingin bekunya) neraka “.

Baca juga :  Polres Tangsel Bersama Forkopimda Gelar Operasi Yustisi

Dari Ka’ab, ia berkata, ” Sesungguh nya di neraka terdapat dingin yaitu zamharir ( dingin yang amat beku), yang ini bisa membuat kulit-kulit terlepas hingga mereka ( yang berada di neraka ) meminta pertolongan pada panas nya neraka “.

Abdul Malik bin Umair berkata ” Telah sampai padaku bahwa penduduk neraka meminta pada penjaga neraka untuk keluar pada sisi neraka. Mereka pun keluar ke sisi, namun mereka di santap oleh zamharir atau dingin nya neraka. Hingga mereka pun akhir nya kembali ke neraka. Dan mereka menemukan dingin yang tadi mereka dapatkan “.

Dalam kamus Al Mu’zam Al Wasith disebutkan yang di maksud zamharir adalah dingin yang sangat.

Dalam tafsir Al Qurtubi di sebutkan ” Zamharira yaitu dingin yang sangat dan menyiksa mereka dengan dungin nya “.

Ibnu Abdil Barr Rohimahullah berkata ” Dingin yang bisa membinasakan sesuatu yaitu zamharir dari neraka “.

Begitulah Allah Ta’ala menyiksa hamba nya yang ingkar kepada Nya bukan hanya dengan api yang berkobar sangat panas tetapi juga dengan hawa dingin yang berbau sangat busuk dan membinasakan.

Maha Besar Allah Ta’ala atas segala ciptaan nya, semoga kita terlindung dari siksa neraka yang amat pedih, semoga bermanfaat.

Wallahualambisawab

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru