oleh

Suksesi Percepatan Program ODF, Sektor 22 Citarum Harum Sub 7 Lakukan Sosialisasi di Kelurahan Sukabungah

Bandung,kicaunews.com – Maraknya percepatan program Open Dification Free (ODF) yang digelar oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 di wilayah kerjanya, bertujuan untuk menciptakan setiap sungai supaya bersih dan sehat.

Kali ini giliran Subsektor 07 yang dipimpin Peltu Bayu Dwi Cahyadi, mensosialisasikan program ODF di Kelurahan Sukabungah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Rabu (21/04/2021).

Peltu Bayu menyampaikan, bahwa Pergerakan ini bersamaan dengan Pemerintah Kota Bandung yang menggerakan seluruh dinas terkait berjibaku untuk mewujudkan satu tujuan termasuk satgas Sektor 22 ada didalamnya.

“Sebenarnya kami dari satgas berjuang sejak awal, untuk menghentikan budaya warga terkait membuang beraknya ke sungai, Alhamdulillah hal ini diperhatikan pula oleh Pemerintah Kota Bandung, jadi kita bersam bergerak dilapangan untuk mewujudkan ODF tersebut,” papar Bayu.

Satu dayuh dua pulau terlampoi bagi satgas, yaitu menerapkan paradigma terhadap warga tentang pola hidup bersih dan sehat namun diikuti juga oleh semua aparat kewilayahan.

Pencegahan pembiaran tercemarnya sungai oleh tinja manusia akan berakibat sangat buruk, selain tidak sehatnya air sungai juga akan menularkan penyakit pada warganya.

Bakteri Ekoli dalam kandungan berak manusia akan menerapkan diare yang akut, hal lain jika air sungai dipakai mencuci makanan atau dipake mandi bagi anak dibawah umur bakteri itu akan mengurai gizi didalam tubuh si anak menjadi racun dan bisa mengakibatkan STUNTING.

“Masalah ini sangat penting bagi masyarakat, maka kami melakukan sosialisasi ODF di wilayah RT.09 RW.04 Kelurahan Sukabungah bersama Lurah Sukabungah (Nani Mulyani, S.A.P.,) dijalani penuh oftimis berhasil,” kata Bayu.

“Semoga cita cita kota Bandung menuju ODF 100% tercapai,” harap Bayu(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru