oleh

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17, Perawatan Tanaman Keras Di Kamping Buntis Cimeunyan

Cimenyan,kicaunews.com – Perawatan pohon tanaman keras satgas sektor 22 sub 17 hari ini di wilayah Kp. Buntis Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu (18/04/2021).

Perawatan atau pemeliharaan pohon tanaman keras hasil penanaman mandiri, satgaa Citarum Harum sektror 22 menaruh keseriusannya di Kawasan Bandung Utara (KBU) lebih dominan di wilayah Kecamatan Cimenyan.

Dansub 17 sektor 22, Serka Suyanto menuturkan bahwa wilayah Kecamatan Cimenyan seluas 1.430 Ha merupakan tanah milik masyarakat (luar kawasan), sedangkan sisanya milik perhutani yang disebut wilayah dalam kawasan.

“Alih fungsi lahan dari kawasan hutan ke kawasan pertanian itu terjadi di luar kawasan, mereka para pemilik lebih ke menanam sayuran sebagai pemanfaatan lahan untuk mata pencaharian sehari hari,” ujar Suyanto.

Hingga saat ini wilayah Cimenyan terkenal se Nusantara sebagai sentra Sayuran Bawang Merah, dengan hasil yang mengungguli bawang dari daerah lain.

Sorotan ini hingga tembus perhatian ke Departemen Pertanian Jawa Barat, atas dukungan produktifitasnya bahwa Cimenyan harus meningkatkan produksi hasil tanamnya, sebagai pemenuhan kebutuhan pangsa pasar.

Dengan hadirnya satgas citarum harum sektor 22 diwilayah Cimenyan yeng terus mendengungkan imbauannya supaya Cimenyan harus ditanami Pohon Keras, disemua lini masyarakat maupun pemerintah, sempat bertabrakan dengan program Dinas Pertanian.

Isyu memanas sampai ke para penggarap untuk memertahankan produksi tanamannya.

Namun tahap demi tahap sosialisasi berjalan, dengan mengenalkan teknik pola tanam dengan sistem Agro Porestry, yaitu menanam pohon keras diantara tanaman sayuran dengan jarak tanam berjauahan. Sehingga tidak mengganggu sayuran yang ada karena sinar matahari tidak menutupi sayuran.

“Saat itu muncul persetujuan dari para penggarap namun bersyarat, mereka minta tanaman buah, dengan alasan hasil buahnya bisa melanjutkan putaran usaha mereka, selain panen sayuran juga mereka bisa panen hasil buah juga,” jelas Suyanto.

Baca juga :  KBR Brimob Polda Jabar Semprot Disinfektan Ke PLN Persero Tanjungsari

Perjalanan hingga saat ini satgas sektor 22 terus bergerak menanam pohon di Cimenyan. Tidak kalah penting menurut Suyanto, “Bahwa hasil tanam jika tidak dirawat akan percuma karena banyak yang gagal tumbuh, maka rutinitas satgas sub 17 ada protap untuk pemeliharaan pohon supaya hasil tanam bisa tumbuh maksimal,” katanya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru