oleh

KPJ : Audit SKPD KESRA

Jakarta, Kicaunews.com – Bidang Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Pemprove DKI Jakarta, mesti diudit Anggaran serta Kinerjanya dalam pelayanan kepada masyarakat di tengah wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang masih mencekam saat ini. Hasil Riset Lembaga Kajian Strategi Jakarta (LKSJ) dibawah naungan Koalisi Peduli Jakarta dilapangan, masih banyak keluhan elemen masyarakat akan kinerja Pemangku Jabatan Kepala Dinas, serta jajarannya yang belum bekerja maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat DKI Jakarta Khususnya.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprove DKI Jakarta, adalah perangkat daerah pada pemerintah daerah yang berfungsi sebagai pusat pertanggungjawaban pembangunan daerah dengan dipimpin oleh kepala satuan kerja selaku pengguna anggaran/pengguna barang. Dimana SKPD Bidang Kesra meliputi : Bidang Sosial, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Olahraga dan pemuda, Bidang Pemberdayaan masyarakat dan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Bidang Perpustakaan dan arsip daerah, Bidang RSUD dan RSKD, Mental dan Spiritual.

Dalam mengatasi Pandemi Covid-19 sejak tahun lalu, Bidang Kesejahteraan Rakyat mestinya menjadi andalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Terutama SKPD Bidang Kesehatan, Bidang RSUD, RSKD Mental dan Spiritual serta Bidang Sosial. Menurut hemat Ketua KPJ Amos Hutauruk, mestinya Kepala Dinas yang telah di berikan amanah oleh Gubernur Anies Baswedan memegang teguh sumpah Jabatan yang diucapkannya saat pelantikan di Balai Kota. Agar terkesan Pak Gubernur tidak salah pilih menempatkan saudara di posisi Pengambil Kebijakan di Jakarta ini.

Amos menghimbau kepada Sekretaris Daerah (SEKDA) DKI Jakarta Bang Marullah Matali untuk tidak segan segan memanggil Kepala Dinas yang tidak memegang amanah Pak Gubernur. Bila terbukti kinerja mereka tidak membuahkan hasil yang baik untuk masyarakat sebaiknya dievalusi dan diberikan peringatan pencopotan, agar masyarakakat yang menjadi korban penyebaran wabah covid-19, mendapatkan kepastian pelayanan yang prima.

Baca juga :  Usai Rangkaian Kunker, Mendagri Hiking ke Siwang, Ambon

Sebuah Pribahasa berbunyi “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.” karena kelalaian Kepala Dinas Kesehatan memberikan pelayanan kepada masyarakat, hingga ada jatuh korban meninggal dunia. Membuat Kepala Dinas yang berada di SKPD Bidang Kesra, terkena imbasnya, untuk diaudit Anggaran serta kinerjanya oleh inspektorat, tegas amos. (Red/AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru