oleh

Papan Informasi Tidak Terpasang, Pengelolaan Dana BOS SMPN 1 Banjar Diduga Tidak Transparan

Banjar, Kicaunews.com – Penggunaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Banjar Jawa Barat diduga tidak transparan dan tak taat administrasi.

Dari hasil pantauan media Kicaunews.com, di sekolah ini tidak terpasang papan informasi pengumuman dana BOS, baik itu penerimaan dan juga penggunaan BOS Reguler.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Banjar Wawat ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya terkait papan informasi penggunaan dana BOS mengatakan, jika papan informasi pengumuman penggunaan dana BOS berada di dalam ruangan TU, beralasan karena saya ini hanya melanjutkan kebijakan kepala sekolah yang lama.

“Itukan informasi publik mengapa tersimpan? seharusnya terpampang bukan untuk di simpan,”katanya

“Oh ada, inikan kebijakan kepsek lama masa bakti Pa Harun , silakan tanya ke pa jenal. Ada lah di Pa jenal di ruang/kantor TU,” katanya, Jumat (16/04/2021) .

Silakan tanya pa jenal Tapi awas tidak harus mengorek mengorek dan memberikan laporan secara mendetail dan itu bukan hak media, sambungnya

Ia mengaku, jika pemasangan papan informasi penggunaan dana BOS ialah sebagai bentuk dari transparansi dan menjadi keharusan pihak sekolah untuk mempublikasikannya
“(papan informasi pengumuman dana BOS – red) idealnya begitu,” katanya lagi.

Seperti diketahui, dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler yang ditanda tangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menyebutkan pada tata cara pelaporan, sekolah harus mempublikasikan semua pelaporan baik penerimaan dan penggunaan dana BOS Reguler kepada masyarakat secara terbuka.

Dokumen yang harus dipublikasikan yaitu rekapitulasi dana BOS Reguler berdasarkan komponen pembiayaan. Publikasi laporan dilakukan pada papan informasi sekolah atau tempat lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat. (MA)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru