oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 13, Bersama Kewilayahan Bersihkan Sungai Citeupus

Bandung,kicaunews.com – Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 13, dipimpin Sertu Dwi Bhakti, pada pembersihan Sungai Citepus di Rw 06 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul, Selasa (6/04/2021).

Layaknya TNI, sebelum kegiatan melakukan pengecekan kekuatan anggota berupa apel pagi, untuk menyatukan sikap pada kegiatan dengan arahan Dansub tentang arah dan target pembersihan sungai.

Pembersihan di Sungai Citepus wilayah ini merupakan tindak lanjut dari pembersihan yang Sebelumny, yaitu selain mengangkat sampah juga membersihkan rumput liar yang menumbuhi dinding sungai.

“Kami melanjutkan dari pembersihan yang sebelumnya, disini terlihat masih banyak rumput yang menumbuhi kirmir dan ada sebagian kecil sampah domestik,” kata Dwi.

Penataan sungai yang dilakukan satgas sektor 22 Citarum Harum, berupa pemeliharaan keutuhan sungai dari kotornya sampah dan korornya kirmir juga bantarannya.

Rumput liar yang subur tumbuh di kirmir dan sedimentasi sungai merupakan faktor utama penyebab rusaknya sungai, maka jika dibiarkan akan menjadi malapetaka, yaitu penyebab korosi pada kirmir dan menutup keindahan sungai.

“Sunagi akan menjadi pemandangan bagus bagi warga, jika kondisi airnya bersih, sehan juga kirmir dan bantarannya bersih dari rumput liar, maka kami selalu melakukan pembersihan sungai setiap hari,” cetus Dwi.

Penerapan edukasi terhadap masyarakat sebagai modal perawatan ke depannya, satga mensosialisasikan program citarum harum.

“Hari ini pun kami melakukan sosialisi door to door kepada warga, dengan harapan sikap gotong royong yang pernah ada bisa bangkit lagi untuk memingkatkan kepedulian kebersihan lingkungan,” masih kata Dwi.

Sekali dayung dua pulau terlampoi, kiasan ini seperti yang dilakukan oleh satgs sub 13-22, pada komunikasi sosial satgas melakukan puka patroli sungai, supaya konduaifitas sungai tetap terjaga.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru