oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 2 Bersihka. Sungai Ciharalang Sepanjang 300 Meter

Bandung,Kicaunews.com – Satgas sektor 22 sub 02 dipimpin Pelda Nursuhud, membersihkan Sungai Ciharalang di Rw 4 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Sabtu (3/04/2021).

Sungai Ciharalang dipadati rumput liar yang menumbuhi sedimentasi sebagai penyebab sempitnya sungai dan rusaknya tatanan sungai.

Pelda Nursuhud selaku Dansub 02 sektor 22, menyampaikan bahwa sungai ini tampak kurang pemeliharaan, sedangakan musim hujan dibutuhkan sungai bersih dan rapih tanpa penyumbat saluran airnya.

“Ini pun termasuk sungai yang kotor walau tidak ada sampah domestiknya justru sedimentasi yang mempersempit area sungai maka mudah terjadi banjir jika terjadi itensitas curah hujan yang tinggi,” kata Nursuhud.

Pemeliharaan sungai secara rutin perlu diperhatikan, sedimentasi ini bisa dikeruk maka akan menghindari kotornya sungai oleh rumput liar. Selain mempercantik tampilan sungai juga akan melancarkan slaluran airnya.

“Disni banyak sampah alam yang terhenti oleh rumput liar, pada jarak 300 meter kami mendapatkan sampah sebanyak 100 kg, artinya kebersihan sungai wilayah ini kurang pemeliharaannya,” ujar Nur Suhud.

Pemerintah kurang memantau keadaan tiap sungai, bisa membentuk paradigma yang negatif kepada masyarakatnya, dan terlihat jelas perlunya kesriusan pendorongan bagi warga supaya bisa andil dalam pembersihan di tiap sungai itu ada.

Selama ada satgas Citarum Harum, besar kemungkinannya pemantauan ditiap sungai bisa diawasi.

“Alhamdulillah kita selalu bekerjasama dalan pembersihan sungai dengan team gober, walaupun dengan personil yang tidak banyak, diharap kebersihan semua titik sungai bisa terpantau penuh,” harap Nursuhud. .(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru